Logo kotaperwira.com

Puluhan Rumah di 3 Desa Terendam Banjir

Panican, Majasem, dan Bojong

PURBALINGGA – Hujan sejak siang hingga malam, Jumat (23/11) lalu menyebabkan sejumlah sungai dan saluran irigasi meluap. Akibatnya, puluhan rumah warga di tiga desa, yaitu Panican dan Majasem, Kecamatan Kemangkon dan Kelurahan Bojong, Kecamatan Purbalingga terendam banjir.

Di Desa Majasem, setidak-tidaknya terdapat sekitar 50 rumah yang terendam air setinggi lutut orang dewasa. Bahkan di beberapa titik ada yang setinggi pinggang.

Marhadi, warga setempat mengatakan, rumahnya tahun lalu tidak kebanjiran, namun tahun ini menjadi korban.

“Tanah di rumah saya agak tinggi, tapi tetap terkena luapan saluran irigasi. Kemungkinan memang sungai juga meluap.”

Warga lain, Muthoif, warga lainnya mengatakan, pada musim hujan sebelumnya, daerahnya tidak terkena banjir. Banjir kali ini terjadi akibat Sungai Ongkok meluap sampai ke pemukiman.

“Sungai harus dikeruk. Tanggul harus ditinggikan agar air tak meluap saat hujan terus-menerus,” katanya.

Sementara itu di Desa Panican, air menggenangi jalanan dan permukiman. Demikian juga di Kelurahan Bojong, Kecamatan Purbalingga. Sejumlah warga khawatir, jika hujan terus turun, maka genangan air akan semakin tinggi.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga, Muhsoni mengatakan menghadapi bencana tahun ini, terutama di musim penghujan, pihaknya mengalokasikan dana Rp 40 juta.

Dana itu digunakan untuk menyelenggarakan pembekalan penanggulangan bencana dan cara penghitungan kerugian.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42