Logo kotaperwira.com

Puluhan Ribu Warga Purbalingga Kesulitan Air Bersih

Purbalingga – Sebanyak 84.656 warga Kabupaten Purbalingga, mulai kesulitan mendapatkan air bersih akibat musim kemarau, kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Purbalingga, Yani Sutrisno.

“Mereka tersebar di tujuh kecamatan yang termasuk daerah rawan krisis air bersih, yakni Kejobong, Karangmoncol, Karanganyar, Kemangkon, Bukateja, Padamara, dan Kaligondang,” katanya di Purbalingga, Rabu (6/7).

Ia mengatakan, jumlah tersebut diketahui dari surat permohonan bantuan air bersih yang diterima Bagian Kesejahteraan Rakyat dengan tembusan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Purbalingga.

Surat permohonan bantuan air bersih, katanya, pertama kali diajukan Camat Kemangkon karena sebanyak 26.970 jiwa di sembilan desa di kecamatan tersebut sudah kesulitan mendapatkan air bersih.

Kendati sudah ada surat permohonan, dia mengatakan, hingga saat ini belum dilakukan penyaluran bantuan air bersih kepada masyarakat.

“Penyaluran bantuan air bersih harus mendapatkan persetujuan dari bupati terkait penggunaan anggaran atau dana bencana. Kami masih menunggu,” katanya.

p align=”justify”>Secara terpisah, Kepala Bagian Hubungan Pelanggan PDAM Purbalingga, Titin Kusriatin, mengatakan, pihaknya siap mendistribusikan bantuan air bersih ke desa-desa yang mengalami krisis air bersih.

Bahkan, katanya, berbagai persiapan telah dilakukan PDAM untuk kelancaran distribusi bantuan air bersih, antara lain perbaikan armada dan mengaktifkan kembali sumur pompa di sejumlah lokasi.

“Pada prinsipnya kami siap. Saat ini PDAM tinggal menunggu komando dari Pemerintah Kabupaten Purbalingga,” katanya.

Berdasarkan data PDAM Purbalingga, penyaluran bantuan air bersih pada musim kemarau 2009 dilakukan selama tiga bulan, mulai 20 Juli hingga 20 Oktober 2009.

Bantuan air bersih yang disalurkan mencapai 2.962 tangki kepada 69 desa dengan enam armada, yakni empat unit milik PDAM Purbalingga dan dua unit dari Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) III Banyumas-Pekalongan.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42