Logo kotaperwira.com

Puluhan Pohon Palem Jadi Ruang Promosi

Purwokerto – Puluhan pohon palem di sepanjang Jalan Soepardjo Rustam, jalur utama Purwokerto-Sokaraja kini dijadikan ruang untuk media promosi iklan. Begitu pula di jalur masuk Purbalingga dari arah Sokaraja. Di jalur Purwokerto-Sokaraja, pohon di sisi utara jalan di cat merah di tengah pohonnya.

Belasan di antaranya sudah dibranding dengan salah satu produk telekomunikasi. Sedangkan, belasan lainnya masih dibiarkan bercat merah sebagai dasar reklame. Dari pantauan beberapa pengerjaan yang belum selesai masih terlihat. Selain menggunakan cat, pembuatan reklame juga menggunakan cat aerosol.

Diizinkan Pemerintah Provinsi

Hal sama juga bisa ditemui di Jalan Raya Kalimanah, arah masuk Purbalingga dari Purwokerto. Puluhan pohon di lokasi tersebut juga sudah diubah menjadi ruang promosi. Jalur tersebut masuk jalan provinsi. Keterangan yang dihimpun, izin permohonan pemasangan lokasi reklame dikeluarkan Dinas Penanaman Modal dan Investasi serta Dinas Bina Marga provinsi.

Itu diketahui karena pohon tersebut berada di atas tanah milik Pemprov, sedangkan pajak reklame untuk Jl Soeparjo Rustam dibayarkan ke Pemkab Banyumas melalui dinas pendapatan, pengelolaan keuangan dan aset daerah (DPPKAD) karena lokasi promosi ada di wilayah Banyumas. Sedangkan di jalur Purbalingga ke dinas pendapatan setempat.

Kepala Bidang Pendapatan DPPKAD Pardiyono dikonfirmasi membenarkan kalau proses perizinan pemasangan reklame dikeluarkan pemerintah provinsi. Pihaknya hanya menerima setoran pembayaran pajak reklame. “Antara izin pemasangan dan pajak itu berbeda. Kalau izin itu menyangkut retribusi, sedangkan pajak berkait dengan besar kecilnya ukuran reklame dan lokasi untuk promosi,” katanya, kemarin (28/1).

Tunjukkan Surat

Pemasangan reklame tersebut ditangani oleh CV Canvaz Advertising dengan alamat Jl Senopati Dukuhwaluh, Kecamatan Kembaran. Saat pihak advertising datang ke DPPKAD, katanya, pemohon sudah menunjukkan surat permohonan izin dari provinsi, sehingga saat mau membayarkan pajak dilayani. “Bahkan, saat membayar mereka juga sanggup membuat pernyataan kalau uang sudah masuk ke kasda tidak bisa ditarik kembali,” jelasnya. CV Kanvaz Advertising yang konon beralamat di Jalan Senopati, Dukuhwaluh saat ditelurusuri tidak juga ditemui.

Sumber : Suara Merdeka

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42