Logo kotaperwira.com

Puluhan Kendaraan Gunakan Ban Tidak Layak

PURBALINGGA – Sekitar 30 kendaraan yang beroperasi di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menggunakan ban tidak layak. Sejumlah moda transportasi tersebut juga melanggar izin trayek dan uji kir kendaraan.

Kondisi tersebut terungkap ketika Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi (Dishubkominfo) Purbalingga melakukan operasi terhadap angkutan kota (angkot), bus antarkota dalam provinsi (ADKP), dan dan bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

Kepala Dishubkominfo Purbalingga Yonathan Eko Nugroho mengatakan operasi penertiban yang dilaksanakan di Terminal Bus Purbalingga tersebut mencakup 125 angkot, 115 AKDP, dan tiga AKAP. “Dari 125 angkutan yang kami periksa, ada dua unit yang melakukan pelanggaran karena izin trayeknya habis. Selain itu, sebanyak enam unit bus AKDP melakukan pelanggaran izin trayek habis serta tidak melakukan kir kendaraan. Untuk bus AKAP tidak ada pelanggaran,” katanya, Kamis (16/2).

Ia mengatakan, selain pelanggaran administratif ada 25 hingga 30 kendaraan yang mamakai ban tidak layak jalan. Misalnya, ban vulkanisir masih dipakai pada roda bagian depan, terutama bus AKDP.

“Petugas kami langsung menandai dengan cat supaya ban tersebut diganti. Kalau pada operasi penertiban mendatang masih menemukan kendaraan dengan ban yang kami tandai, Dishub akan menahan kendaraan agar tidak beroperasi. Selain itu, kami bakal memanggil pemilik kendaraan,” tegasnya.

Menurut Yonathan, langkah tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas serta agar para sopir dan pemilik kendaraan lebih patuh pada aturan. “Di samping kami melakukan operasi penertiban, Dishub pada awal bulan juga mengadakan pemeriksaan kesehatan para sopir secara gratis,” katanya.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42