Logo kotaperwira.com

Puluhan Jembatan di Purbalingga Tak Miliki Penahan Arus

Purbalingga – Sampai saat ini lebih dari 20 jembatan di sejumlah aliran sungai tak memiliki penahan arus atau groundsill. Jembatan itu sangat rawan dan berpotensi terganggu saat musim penghujan ini. Apalagi di wilayah pegunungan dengan sungai yang banyak memiliki material batu. material itu mudah terbawa arus air dan merusak jembatan.

“Kondisi jembatan bisa tetap aman jika tak ada gerusan besar dan pengambilan material di dekat jembatan. Namun saat musim penghujan, potensi rusak bisa semakin tinggi,” ujar Kepala DPU Kabupaten Purbalingga, Ir Sigit Subroto MT.

Tahun ini, Pemkab memang melakukan pembenahan, yaitu membuat salah satu groundsill di Jembatan Laban 2. Hal itu dilakukan karena ada kerusakan di jembatan itu dan memang memerlukan perbaikan. Sigit menambahkan, biaya untuk pembuatan groundsill untuk semua jembatan itu cukup besar sehingga sulit dicukupi.

Misalnya, pembangunan groundsill dengan kedalaman sampai 5 meter bisa menelan dana Rp 80 juta sampai Rp 100 juta. “Untuk kondisi jembatan yang kritis juga kita rencanakan untuk pembenahan. Memang kita akui sangat banyak yang belum berpenahan arus. Namun, jika tak ada gerusan air sungai yang besar dan penambang tak mengambil material terlalu dekat dengan jembatan, bangunan bisa bertahan lama,” jelasnya.

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42