Logo kotaperwira.com

Produksi Susu di Kabupaten Purbalingga Masih Defisit

Purbalingga – Produksi susu sapi di Kabupaten Purbalingga belum mampu memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat. Sampai saat ini, hanya ada dua sentra susu sapi di Purbalingga yang masih eksis.

“Produksi susu tercatat 298.615 liter per tahun. Sementara angka konsumsi susu di Purbalingga mencapai 0,26 gram per kapita per hari. Dalam hal ini, kita tak hanya bicara susu sapi, tapi segala jenis susu ternak,” ujar Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purbalingga Ir Hartono MM saat menyampaikan paparannya dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Peternakan dan Perikanan di Gedung Kembar UPT Budidaya Ikan Air Tawar Kutasari, Selasa (5/4).

Angka konsumsi susu di Purbalingga hanya selisih sedikit di bawah rata-rata angka konsumsi Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, yakni 0,28 gr per kapita per hari. Angka konsumsi ini tidak hanya susu murni tapi juga susu dalam kemasan.

Produksi susu di Purbalingga masih sebatas susu sapi perah. Itupun baru dikembangkan oleh peternak sapi perah di Desa Serang Kecamatan Karangreja dan Desa Karangcengis Kecamatan Bukateja. Meskipun mengalami peningkatan dalam tiga tahun terakhir, jumlah sapi perah dari kedua desa itu sampai saat ini hanya sebanyak 197 ekor tahun 2010.

Sementara kebutuhan daging (sapi dan ayam) serta produksi telur (ayam petelur dan bebek) relatif mencukupi bahkan surplus. Untuk produksi daging mencapai 7,2 juta kg per tahun dari angka konsumsi sebesar 4,44 kg/kap/hr. Sementara untuk produksi telur mencapai 12,5 juta kg dengan angka konsumsi sebesar 6,31 gr/kap/hr. Untuk angka konsumsi telur Purbalingga jauh melampaui angka konsumsi telur Jawa Tengah sebesar 4,62 kg/kap/hr.

Sumber : Jateng Prov


Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42