Logo kotaperwira.com

Produksi Minyak Atsiri Purbalingga Turun 50 Persen

PURBALINGGA – Produksi minyak atsiri (nilam) di beberapa penyulingan di Kabupaten Purbalingga mengalami penurunan hingga 50 persen dibanding tahun lalu. Bahan baku yang kualitasnya turun dan teknologi penyulingan disebut-sebut sebagai penyebabnya.

Salah satu pemilik penyulingan minyak atsiri asal Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari, Hamdi mengatakan, sejak awal tahun penyulingannya mengalami penurunan jumlah produksi hingga separuh dibanding tahun lalu. “Jika dulu satu kuintal nilam dapat menghasilkan 2 kilogram minyak atsiri, kini bahan baku segitu hanya dapat sekilogram,” katanya, Minggu (26/6).

Dikatakan, penyebabnya adalah kualitas bahan baku yang turun yang dikarenakan tanah yang digunakan untuk menanam nila kualitasnya sudah tidak baik. Selain itu tingkat kekeringan nila yang juga kurang. “Dilem (nila) yang dijemur kurang kering. Padahal bahan baku itu kami dapatkan dari petani,” lanjutnya.

Sementara itu Kabid Industri pada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) Purbalingga, Agus Purhadi Satya mengakui adanya penurunan jumlah produksi minyak atsiri.

Dikatakan dari segi teknologi yang digunakan oleh para pemilik penyulingan juga masih kurang bagus. Misalnya bak penyulingan yang kurang menyerap panas, sehingga bahan baku terlalu boros yang imbasnya pada penambahan biaya produksi. “Karena itu, kemarin kita membantu bak penyulingan ke salah satu pemilik penyulingan minyak atsiri di Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja,” katanya.

Jika soal kualitas bahan baku, Agus mengaku tidak mengetahui secara persis. Namun ia meyakinkan bahwa kualitas bahan baku dari Purbalingga lebih baik dibanding dari Aceh yang juga dikenal sebagai pusat produksi minyak atsiri.”Yang lebih tahu Dinas Pertanian. Tapi bahan baku kami kualitasnya bagus,” lanjutnya.

Untuk informasi, minyak atsiri asal Purbalingga diekspor ke Jepang oleh PT Takasogo yang berkedudukan di Purwokerto. Minyak tersebut digunakan sebagai bahan baku kosmetik.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42