Logo kotaperwira.com

Prajurit Batalyon 406 Candrakusuma Bojong Dikirim ke Daerah Rawan Konflik Maluku

Batang – Sebanyak 488 prajurit Batalyon 406/Candrakusuma Bojong, Kabupaten Purbalingga (Jateng), akan diberangkatkan ke daerah rawan konflik di Provinsi Maluku Utara, pertengahan Juni 2011 mendatang. Para prajurit akan bertugas selama satu tahun penuh dan ditempatkan pada 20 pos pengawasan.

“Para prajurit yang dikirim ke daerah rawan tersebut dalam menjalankan tugasnya mengedepankan empat aspek. Keempat aspek ini meliputi aspek teritorial, intelijen, tempur dan administrasi,” kata Pangdam IV/Diponegoro Mayjend Langgeng Sulistiyono di sela-sela acara Penutupan Latihan Pra Tugas Tahap II dan III Satgas Yonif 406/CK dalam rangka Penugasan ke Daerah Rawan Maluku di Pantai Sidorejo, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Senin (30/5).

Pangdam yang didampingi Dandim 0736/Batang, Letkol Inf Alvis Anwar. Mengatakan, aspek teritorial akan dikedepankan oleh para prajurit apabila kondisi daerah yang menjadi tempat tugasnya tergolong kondusif. Sementara untuk aspek intelijen, para prajurit yang ditugaskan ini mengumpulkan data dan informasi terkait daerah tersebut. Data yang dikumpulkan ini nantinya apakah bersifat keluhan ataukah ide-ide dari masyarakat daerah setempat.

“Untuk aspek tempur, prajurit yang ditugaskan di daerah rawan ini juga harus mengerti taktik cara bertempur. Dengan demikian, aspek ini diperlukan maka prajurit seaktu-waktu harus sudah siap. Para prajurit paling tidak juga memahami aspek administrasi dalam menjalankan tugasnya tersebut,” kata Pangdam.

Para prajurit ini telah menjalani latihan selama 20 hari di daerah Sumowono, Ungaran, Kabupaten Semarang. Hari terakhir, para prajurit ini melakukan long march dari Sumowono menuju ke Pantai Sidorejo, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang.

Sumber: Purbalinggakab

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42