Logo kotaperwira.com

Sarana Prasarana

Di Kabupaten Purbalingga juga telah tersedia sarana dan prasarana pendukung aktifitas sehari-hari seperti perbankan, koperasi, rumah sakit, hotel, pasar, sekolah dan tempat wisata. Hingga saat ini terdapat 12 bank milik Pemerintah, Pemerintah Daerah, swasta dan 5 Bank Perkreditan Rakyat serta 181 koperasi berbadan hukum yang melayani nasabah dan tersebar di seluruh penjuru Purbalingga hingga tingkat kecamatan. Lembaga keuangan lain yang ada yaitu 1 money changer, 2 perusahaan asuransi dan 13 lembaga keuangan non bank.

Rumah sakit yang ada di Kabupaten Purbalingga terdiri dari 1 RSUD Purbalingga yang telah dilengkapi fasilitas setara RS International dan 2 RSU swasta, yaitu RSU Harapan Ibu dan RSU Nirmala.

Hotel yang ada di Purbalingga tergolong hotel melati berjumlah 3 buah yaitu Hotel Nusantara, Hotel Utama dan Hotel Kentjana yang terletak di sekitar alun-alun Purbalingga.

Kompleks pasar modern, Pasar Segamas yang ada di Kalimanah dan terluas di Jawa Tengah mulai dioperasikan sejak Juni 2009. Pasar ini merupakan relokasi pedagang-pedagang eks Pasar Kota Purbalingga karena lokasi tersebut akan dikembangkan menjadi city walk dan sentra hiburan. Kompleks pasar modern ini diharapkan mampu menjadi pusat perdagangan baru di Jawa Tengah. Pasar-pasar lain yang ada di Purbalingga terdiri dari 16 pasar swalayan, 34 pasar umum, 2 pasar hewan, 1 pasar sepeda dan 1 pasar ikan tersebar di penjuru Purbalingga.

Untuk memenuhi keinginan masyarakat akan adanya adanya tempat berolahraga yang aman, nyaman, sekaligus tempat berinteraksi sosial, telah dioperasikan pula Gedung Olahraga Goentoer Darjono pada akhir tahun 2009 ini. Lokasi ini juga berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan outdoor yang membutuhkan ruang luas.

Terdapat bermacam sarana rekreasi yang ada di Purbalingga, diantaranya Walik, Goa Lawa, dan Monumen Jenderal Sudirman. Sumber daya air yang melimpah juga berhasil dikembangkan menjadi obyek wisata air yang terbesar di Jawa Tengah terkenal dengan Obyek Wisata Air Bojongsari (OWABONG).

Leave a Reply