Logo kotaperwira.com

Porwil Dulongmas, Banyumas Pertahankan Gelar, Purbalingga Turun Posisi

Purwokerto – Kabupaten Banyumas berhasil mempertahankan gelar juara umum di Pekan Olah Raga Wilayah Kedu, Pekalongan dan Banyumas (Dulongmas) II 2011, 6-10 Juli. Di multievent setengah Jateng itu tuan rumah tak sekadar juara umum, tetapi meninggalkan jauh pesaingnya dalam perolehan medali.

Hingga pukul 20.00, semalam, Banyumas sudah mengoleksi 109 medali emas, 93 perak dan 78 perunggu. Posisi runner up diduduki Cilacap (52, 41, 48), III Banjarnegara (42, 27, 40), IV Kota Magelang (28, 18, 23), V Purbalingga (26, 21, 46).

Saat itu, 27 cabang sudah me-nyelesaikan pertandingan, tinggal empat cabang yang masih berlangsung. Jumlah medali yang sudah diperebutkan 357 dari total 400 keping. Cabang yang belum selesai dimainkan tinggal taekwondo, tenis meja, bridge dan catur.

Perolehan medali tuan rumah itu melampaui targeti 90 keping emas. Dengan hasil 109 emas itu, medali Banyumas meningkat dibanding Porwil Dulongmas I 2007. Saat itu kabupaten bermotto Satria merebut 83 emas, 76 perak dan 76 perunggu. Empat tahun lalu cabang yang dipertandingkan 23, kini 31.

Dibanding empat tahun lalu, terjadi pergeseran posisi urutan II sampai V. Banjarnegara yang dulu runner up, sementara di urutan III, karena disalip Cilacap. Purbalingga turun dari peringkat III ke lima, sedang Kota Magelang bertahan di urutan IV.

Peningkatan luar biasa terjadi pada Cilacap, dari urutan delapan ke runner up. Daerah yang mengalami penurunan drastis adalah Kebumen, empat lalu urutan V, kini turun ke 15 atau dua dari bawah.

Papan Tengah

Di papan tengah, Wonosobo juga menurun, dari posisi enam ke sembilan. Brebes yang dulu posisi sembilan, kini naik ke enam. Peserta baru Pemalang, yang empat tahun lalu belum ikut, kali ini langsung masuk ke urutan delapan. Kabupaten Tegal yang juga baru berpartisipasi, tidak memalukan karena berada di urutan 14.

Penyelenggaraan multievent itu mendapat sambutan positif peserta. Ketua Bidang Organisasi KONI Kota Magelang Mahbub Yani Arfian mengatakan kegiatan itu sangat bermanfaat, karena bisa untuk eveluasi persiapan menghadapi Porprov 2013. Kini pihaknya sudah memiliki gambaran atlet untuk multievent 2013, tinggal dilatih lebih intensif.

Untuk pelaksanaan Porprov 2013, sebagai tuan rumah Banyumas perlu melakukan pembenahan lagi. Fasilitas yang kurang layak agar ditingkatkan. Dia memberi contoh, cabang sepak takraw dan bulu tangkis Porwil Dulongmas digelar di satu gedung. Untuk Porprov tak bisa seperti itu, harus dipisah. (bd-70).

Tags: , , , , , ,  , juara popda sepak takraw kab purbalingga 2011kabupaten banyumas rankinglingkup dulongmasperolehan medali dulongmas
Source: Suara Merdeka

Leave a Reply

close(x)
Pasang Iklan