Logo kotaperwira.com

Polines Gandeng SMKN 1 Purbalingga pada Program D1 Vokasi Berkelanjutan

Semarang – Politeknik Negeri Semarang (Polines) menggandeng 13 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Tengah dalam rangka penyelenggaraan program Vokasi Berkelanjutan mulai tahun akademik 2011/2012.

Program itu merupakan mandat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional.

Direktur Polines Dr Totok Prasetyo BEng MT mengatakan, program ini bertujuan meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) perguruan tinggi dan mengurangi pengangguran. Selain itu, meningkatkan jumlah tenaga kerja terdidik, serta meningkatkan asas pemanfaatan dan sinergi infrastruktur pada institusi pendidikan.

SMK yang bekerja sama yakni SMK Wiratama 45.1 Wonosobo, SMK Tunas Harapan Pati, SMKN 2 Purwokerto, SMK Muhammadiyah Kudus, SMKN 7 Semarang, SMKN 1 Magelang. Selanjutnya, SMKN 1 Kudus, SMKN 1 Purbalingga, SMKN 2 Semarang, SMKN 2 Wonosobo, SMKN 1 Bawang, SMKN 1 Purwokerto, dan SMKN 2 Magelang.

Program ini, lanjut Totok, juga didukung oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (Dit-PSMK) dan Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC).

Dit-PSMK berperan memperkuat fasilitas SMK sesuai dengan bidangnya, Ditjen Dikti mendukung dalam hal legalitas, sedangkan SEAMOLEC mendukung penyelenggaraan Training of Trainers (ToT) untuk manajemen pendidikan jarak jauh maupun staf pengajar. Dikatakan, perkuliahan 80% diselenggarakan di SMK mitra dan 20% di kampus Polines. Penyampaian perkuliahan dari kampus utama kepada mahasiswa di sub kampus, dilakukan dengan model pembelajaran jarak jauh menggunakan perangkat teknologi informasi.

Melalui model ini, mahasiswa diharap dapat mengenyam pendidikan tinggi di lokasi yang dekat dengan tempat tinggal mahasiswa bersangkutan. Proses perkuliahan antara staf pengajar dengan mahasiswa, dilaksanakan dengan model pendidikan jarak jauh berbasis teknologi informasi. Program D1 yang dibuka, menurut Totok, yakni teknik mesin, elektronika audio video, teknik las, teknik auto body repair, pelapisan logam, manajemen proyek dan surveying. Selain itu, komputer akuntansi, perbankan syariah, administrasi perkantoran, pemasaran, dan bahasa Inggris.

Untuk program teknik auto body repair dan teknik las, telah terjalin kerja sama dengan PT Mekar Armada Jaya Magelang dalam hal tempat praktik atau magang, bahkan selepas lulus mahasiswa yang memenuhi syarat berkesempatan direkrut perusahaan tersebut.

“Pendaftaran dilakukan 9 Mei hingga 3 Juni di kampus Polines Tembalang maupun SMK mitra. Info lengkap bisa diakses di www.polines.ac.id,” imbuh Totok.

Sumber: Suara Merdeka

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42