Logo kotaperwira.com

PO Diminta Tak Ngawur Jual Tiket Tanpa Perhatikan Jumlah Armada

Purbalingga – Pemilik Perusahaan Otobus (PO) bus antar kota antar provinsi (AKAP) diminta tak ngawur dalam mengeluarkan tiket bagi para pemudik lebaran ini. Pasalnya seringkali menjadi kebiasaan setiap tahun, terjadi penumpukan penumpang di terminal Purbalingga, dan Bobotsari yang karena membludaknya jumlah penumpang.

“Menumpuknya penumpang di dua terminal itu bukan karena kekurangan armada. Namun karena masih ada sebagian besar masyarakat yang memilih salah satu PO tertentu. Ironisnya, pihak PO yang digandrungi pemudik itu tak memperhitungkan jumlah armada. Mereka menjual tiket hingga melebihi batasan armada,” jelas Kabid Angkutan Dinhubkominfo Purbalingga, Sutrisno, Kamis (18/8) saat rakor dengan Kapolres.

Kadangkala PO hanya memberikan jawaban yang kurang tepat untuk mengatasi persoalan tersebut. Semisal, mereka menyebut armada sedang kembali dan sudah sampai di salah satu wilayah yang dekat dengan Purbalingga. Namun hingga 1 jam lebih belum sampai.

“Kondisi inilah yang memerlukan penanganan terpadu karena hampir menjadi masalah klasik setiap arus mudik dan balik lebaran. Jangan sampai karena ulah salah satu PO, situasi terminal menjadi tak nyaman. Apalagi yang kena pelimpahan unek-unek juga petugas jaga,” paparnya.

Seperti diketahui, dalam dua tahun terakhir (2009 dan 2010) jumlah penumpang selama lebaran di Terminal Purbalingga mencapai 19.783 orang dengan jumlah bus AKAP yang dipakai 1.677 (2009). Lalu pada 2010 sebanyak 17.065 orang dari jumlah bus AKAP yang dipakai 1.600 unit.

Diprediksi pada lebaran tahun 2011 ini, dibanding tahun 2010, jumlah bus AKAP dan penumpang mengalami penurunan 5 persen.

Yaitu dari jumlah bus AKAP 1.600 menjadi 1.520 unit, lalu jumlah penumpang juga turun 10 persen dari jumlah 17.065 orang menjadi 15.539 orang.

Dinas sudah berupaya mengumpulkan setiap pengelola maupun perwakilan PO yang ada di terminal Purbalingga maupun Bobotsari. Namun dalam kenyataannya tetap terjadi penumpukan penumpang, terutama saat arus balik lebaran.

Tags: , , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42