Logo kotaperwira.com

PNS Harus Paham dan Mampu Bekerja Sesuai Tupoksi

Purbalingga – Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) diharapkan mampu bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing (Tupoksi). PNS juga harus loyal dan patuh kepada pimpinan sepanjang apa yang diperintahkan pimpinan masih terkait dengan pekerjaan dan sesuai dengan tupoksinya.

“PNS berhak menolak perintah pimpinan kalau perintahnya di luar pekerjaan, tidak sesuai dengan tupoksinya dan bertentangan dengan peraturan perundang-undangan. Tapi kalau pimpinan memerintahkan dalam konteks pekerjaan dan masih sesuai dengan tupoksinya, maka bawahan tidak boleh menolak,” tegas Staf Ahli Bupati Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Manusia, Pratikno Widiarso saat memberikan amanat dalam apel kerja di Halaman Kantor Setda Purbalingga, Rabu (21/9).

Pratikno juga meminta PNS untuk aktif mempelajari segala peraturan, mulai dari Undang-Undang hingga Perda/Perbup, terutama yang berkaitan langsung dengan tupoksinya. Menurut Pratikno, sejauh pengamatannya, sampai saat ini masih banyak PNS yang belum sepenuhnya paham tupoksinya.

“Kalau dalam bekerja saja tidak tahu bagaimana tupoksinya, maka apa saja yang dikerjakannya? Kalau kita telah mengerjakan pekerjaan sesuai tupoksi dan kita masih mampu mengerjakan yang lainnya, ya silahkan. Tapi dikerjakan dulu dengan tuntas pekerjaan pokoknya,” imbuhnya lagi.

Dalam apel kerja yang setiap pagi dilaksanakan sebelum memulai tugas, secara bergantian para pejabat eselon II dan III akan memimpin apel dan memberikan amanat yang berisi informasi, motivasi, pengarahan dan pengumuman. Mulai dari para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, hingga para Kepala Bagian.

Khusus hari Jumat, apel pagi digantikan dengan kegiatan olahraga, mulai dari senam pagi dengan instruktur dari pusat kebugaran lokal, sepeda berkeliling desa sembari melongok pembangunan dan penyerapan aspirasi, hingga jalan sehat seputar kota atau alun-alun.

Tags: , , ,  , fungsi bupatitugas dan fungsi bupatitugas pokok bupatiTUGAS POKOK PNStupoksi pnsfungsi pnstugas pokok fungsi pnstugas pokok dan fungsi pnstupoksi pns kecamatan
Source: Purbalinggakab

Leave a Reply

close(x)
Pasang Iklan