Logo kotaperwira.com

PNS Harus Kerja Tanpa Pamrih dan Pantang Menolak Tugas

Purbalingga – Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah seharusnya pantang meminta-minta jabatan. Demikian yang disampaikan Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Pratikno Widiarso, saat memberikan amanat dalam Apel Kerja di Halaman Kantor Setda Purbalingga, Kamis (29/9).

“Salah satu jati diri seorang PNS itu pantang meminta-minta jabatan. PNS juga pantang menolak tugas dan harus bekerja tanpa pamrih,” ujarnya di hadapan puluhan PNS yang terpanggang terik matahari pagi.

Menurut Pratikno, jabatan itu bukan untuk diminta, tapi sebagai amanah yang hanya akan diberikan kepada PNS yang tepat. Pemilihan siapa saja PNS yang tepat menduduki sebuah jabatan, menjadi hak prerogatif kepala daerah dengan mempertimbangkan usulan Badan Pertimbangan Jabatan dan Pangkat (Baperjakat).

Selain itu, Pratikno mempertegas pentingnya PNS memahami jati dirinya. Selain pantang meminta jabatan, PNS juga dituntut setia dan taat kepada pimpinan tanpa reserve, pantang menolak tugas dan berani menyampaikan kebenaran sekalipun getir. PNS harus berani menolak perintah atasan untuk korupsi, bekerja yang tidak sesuai tupoksi atau tidak sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“PNS itu harus bekerja penuh pengabdian dan tanpa pamrih. Karena sudah digaji, jangan hanya bekerja ketika ada perintah, ketika ada tambahan honor dan sebagainya, “jelasnya.

Salah satu dari lima staf ahli ini juga mengajukan usulan kepada Bupati Drs H Heru Sudjatmoko Msi, agar Jati Diri PNS Purbalingga dapat dicanangkan pada Peringatan Hari Ulang Tahun KORPRI ke-40 pada tanggal 29 November 2011 nanti.

Tags: , , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42