Logo kotaperwira.com

PLS Kecamatan Karanganyar Gelar Pemberdayaan Penjaga Sekolah

KARANGANYARUPT Dinas Pendidikan Kecamatan Karanganyar melalui Bidang Pendidikan Luar Sekolah (PLS), menggelar pemberdayaan penjaga sekolah, Sabtu (4/2). Sebanyak 18 penjaga sekolah yang tergabung dalam Forum Komunikasi Penjaga Sekolah Dasar (FKPS) melakukan kegiatan bersama menerapkan jam kerja keliling (Jialing).

Penilik PLS UPT Dindik kecamatan Karanganyar, Wargono SPd mengatakan, sedianya pada hari itu akan dilakukan Diklat Pertukangan Sederhana. Namun karena peralatan belum siap, kegiatan dialihkan menjadi kegiatan Jialing itu. Jialing dilakukan di SD Negeri 1 Karanganyar.

“Mereka memperbaiki gubuk baca milik SDN 1 Karanganyar untuk nantinya dibuat permanen. Gampangnya, dengan Jialing, penjaga sekolah akan dilatih lebih peka terjadap kondisi sekolah. Jika ada kerusakan ringan atau tempat yang kotor, bisa melakukan pembenahan sendiri,” ujarnya.

Kegiatan pemberdayaan ini secara umum sudah mulai berjalan sejak tahun 2011 lalu dengan diawali melalui sosialisasi dan realisasi kegiatan tahun ini. Usai Jialing, sekolah akan meneruskan sendiri pembangunan fisik yang sudah diawali oleh FKPS itu secara swadaya.

Kepala SD Negeri 1 Karanganyar, Muchlis mengatakan, bangunan gubuk baca yang dibereskan dalam kegiatan Jialing itu rencananya akan diwujudkan menjadi gubuk baca permanen.

“Dulunya berupa bangungan bambu dan atap gedek. Nantinya akan kami buat permanen. Apalagi lantainya sudah keramik. Harapannya tetap bisa digunakan untuk tempat membaca yang nyaman bagi para siswa kami. Karena ruang diperpustakaan tak memadai,” paparnya.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42