Logo kotaperwira.com

PKL Bisa Ajukan Tambahan Modal Melalui KUR

PURBALINGGA – Fasilitas pinjaman lunak melalui program KUR (kredit usaha rakyat) disalurkan melalui sejumlah bank. UMKM termasuk PKL (pedagang kaki lima) diberi kesempatan mengupayakan pemenuhan modal usaha melalui perbankan yang dinilai mampu memberikan pelayanan terbaik.

Bupati Purbalingga, Heru Sudjatmoko, Sabtu pekan lau, di Purbalingga menegaskan kebijakan ekonomi Pemkab Purbalingga akan terus berpihak kepada pengembangan UMKM. Meski diakui masih banyak pengusaha mikro dan kecil yang memiliki kemampuan usaha namun kesulitan permodalan.

Untuk mengatasi kendala itu, Pemkab Purbalingga telah bekerjasama dengan sejumlah perbankan guna menyalurkan KUR. Menurut Bupati, perbankan di Purbalingga memiliki andil yang cukup tinggi dalam ikut serta mengembangkan usaha kecil dan mikro.

Pimpinan Cabang BRI Purbalingga, Sparta Sianturi menjelaskan penyalauran KUR kepada PKL dapat diberikan apabila yang bersangkutan memiliki ijin usaha dan KTP Purbalingga. Setidaknya ada jaminan yang bersangkutan bertempat tinggal di Purbalingga.

Menurut dia program KUR menggunakan dana komersial yang disalurkan perbankan dengan penjaminan dan subsidi bunga dari pemerintah. Karena dana KUR bukan hibah dari pemerintah maka harus ada pengembalian.

Melalui program KUR, BRI telah merangkul banyak pengusaha kecil dan mikro, termasuk PKL di pasar Segamas. Hingga April 2012, telah disalurkan KUR kepada 12.353 orang dengan total dana mencapai Rp 57 miliar. Dana yang berhasil dihimpun mencapai Rp 255 miliar berasal dari tabungan 93.281 nasabah.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42