Logo kotaperwira.com

PHBI Purbalingga Tetapkan Sholat Idul Adha di Alun Alun Purbalingga

Purbalingga – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Purbalingga menetapkan Alun Alun Purbalingga sebagai tempat pelaksanaan sholat Idul Adha 1432 Hijriah. Sesuai ketetapan pemerintah melalui Menteri Agama RI, hari raya idul adha tahun ini jatuh pada hari Minggu, 6 November 2011.

Sesuai hasil rapat PHBI, Sholat Ied akan dilaksanakan mulai pukul 06.00 WIB dengan Imam yang ditunjuk adalah H Munibullah dan khotib Ketua Pengadilan Agama Purbalingga Drs Noor Kholil MH. “Untuk penugasan imam dan khotib, kita tentukan secara bergiliran. Hal ini dimaksudkan untuk penghargaan sekaligus pemberdayaan bagi para ulama yang ada di seluruh wilayah kabupaten Purbalingga,” ungkap Drs H Rasimun, Kasi Pendamas pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Jum’at (4/11).

Menurut Rasimun, kebijakan ini telah rutin dijalankan dan akan selalu menjadi acuan dalam menentukan petugas imam dan khotib sholat Ied tingkat kabupaten. Pada pelaksanaan sholat Idul Fitri Agustus lalu yang menjadi Imam adalah Imam Masjid Agung Daarussalaam, KH Moch. Noer Isja. Sedangkan Khotib, Kepala Kantor Kementerian Agama Soenaryo S.Ag MM. “Intinya bergilir lah, Purbalingga kan banyak memiliki potensi ulama yang baik. Nanti bahkan akan kita inventarisir siapa-siapa yang memiliki kompetensi untuk menjadi imam di tingkat kabupaten,” katanya.

Jika hujan, Pindah ke Darussalam dan Pendopo Dipokusumo

Mengantisipasi datangnya hujan saat pelaksanaan sholat Ied, lanjut Rasimun, panitia telah menyiapkan skenario kedua. Bila Minggu pagi hujan, maka pelaksanaan sholat Ied untuk jemaah pria, dialihkan ke Masjid Agung Daarussalaam. Sedangkan untuk jemaah putri di Pendopo Dipokusumo. “Bila terjadi hujan, otomatis Imam untuk jemaah pria diambil alih oleh Imam Masjid setempat. Sedangkan khotibnya tetap Pak Noor Kholil,” katanya sembari menambahkan untuk pelaksanaan di Pendopo, akan dipimpin Imam H Munibullah dan khotib cadangan oleh Drs H Rasimun.

Dia menegaskan seperti tahun lalu, pihak panitia tidak akan melaksanakan takbir keliling. Hal ini didasari kondisi kesibukan jalan di Purbalingga yang dirasa semakin meningkat dan mengantisipasi terjadinya hujan saat pelaksanaan takbiran. “Namun, kami menghimbau agar pelaksanaan takbiran dilakukan di masjid atau mushola saja,” pungkasnya.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42