Logo kotaperwira.com

Petugas Pemadam Kebakaran Purbalingga Tak Ambil Cuti Lebaran

Purbalingga – Selama masa Lebaran, pemilik perusahaan dan masyarakat diminta tetap terus mewaspadai risiko kebakaran di lingkungannya masing-masing. Selama ini, mereka cenderung tidak siaga terhadap aksi si jago merah.

“Pemilik perusahaan perlu mengontrol alat pemadam api ringan (APAR) dan rumah yang kosong perlu dititipkan, ” tutur komandan pemadam kebakaran, Supriyanto.

Dia mengatakan, bila kondisi APAR tidak baik, akan sangat berisiko bagi perusahaan. Terlebih, pada masa Lebaran, tidak ada orang yang berkerja di pabrik. Di tingkat rumah tangga, tungku dan hubungan arus pendek jadi penyebab utama kebakaran.

Terlebih, di Purbalingga, jumlah kebakaran kian meningkat, dibanding tahun sebelumnya. Hingga Juli 2011, sudah ada 30 kejadian kebakaran. Padahal dari data yang tertuang di Damkar Purbalingga, pada tahun lalu total ada 24 kejadian.

Petugas Damkar Siaga

Saat disinggung mengenai persiapan petugas Damkar, Supri menuturkan bahwa pihaknya sudah siap siaga menghadapi masa Lebaran ini. Berbeda dengan masyarakat yang lain, petugas Damkar tidak mengambil libur cuti Lebaran.

“Petugas Damkar sudah siap untuk membantu masyarakat. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami bertugas seperti biasa, tidak ada libur, ” ujarnya kepada Suara Merdeka, beberapa waktu lalu.

Dari sisi perlengkapan pemadaman kebakaran, mereka juga sudah menyiapkan armada dengan kapasitas 5.000 liter. “Sebenarnya kami masih membutuhkan armada dengan kapasitas 3.000 liter. Dengan kendaraan itu akan cepat sampainya, terutama di desa yang lokasinya jauh dari kota, ” ujarnya.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42