Logo kotaperwira.com

Petani Tebu Purbalingga Terima Bantuan 7 Miliar

PURBALINGGA – Petani tebu di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menerima bantuan sosial dari pemerintah pusat senilai Rp7 miliar.

“Bantuan senilai 7 miliar ini diberikan pemerintah guna mendukung program swasembada gula di Jawa Tengah,” kata Ketua Koperasi Petani Tebu Rakyat (KPRT) Sehati Purbalingga Kisno Wiyandono di Purbalingga, Selasa (11/9).

Menurut dia, bantuan tersebut diberikan melalui koperasi untuk petani tebu yang selama ini memanfaatkan tanah tegalan maupun sawah tadah hujan.

Dalam hal ini, kata dia, setiap hektare lahan tebu akan diberi bantuan sebesar Rp18 juta.

Ia mengatakan, luas lahan tebu di Kabupaten Purbalingga saat ini mencapai 600 hektare yang digarap oleh 31 kelompok tani.

“Namun untuk memenuhi kebutuhan gula di Jawa Tengah, Purbalingga ditarget memiliki lahan tebu seluas 750 hektare,” katanya.

Terkait hal itu, kata dia, pihaknya terus berupaya mengejar target perluasan lahan tebu dengan memberikan penjelasan kepada petani berupa gambaran keuntungan menanam tebu.

Menurut dia, setiap hektare lahan mampu menghasilkan 70 ton tebu dan dalam satu kali tanam dapat dipanen hingga empat kali serta usia panen rata-rata 10 bulan.

Ia mengatakan, hasil panen tebu tersebut dijual ke Pabrik Gula Madu Kismo di Yogyakarta dan Pabrik Gula Sumber Harjo di Pemalang dengan harga jual Rp300 per kilogram.

“Jenis tebu yang banyak ditanam petani Purbalingga di antaranya Kidang Kencana, Kentung, dan PS 881,” katanya.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42