Logo kotaperwira.com

Petani Stroberi Desa Serang Karangreja Keluhkan Penurunan Kualitas Benih

Purbalingga — Petani stroberi di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, mengeluhkan kualitas benih yang kian menurun. Petani hanya mampu menanam keturunan benih varitas Osogrande dari California, Amerika Serikat, yang cenderung semakin jelek.

Sugito (43), petani stroberi, Rabu (28/9/2011), mengatakan, benih yang ditanam sudah turun-temurun sejak tahun 2002.

“Ketika itu petani yang difasilitasi Pemkab Purbalingga mengimpor benih dari California. Namun, kini kualitasnya semakin memburuk. Kami berharap pemerintah membantu pengadaan benih agar produksi dan kualitas stroberi semakin baik,” katanya.

Hal itu disampaikan di hadapan Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko saat meninjau pelaksanaan Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT) komoditas stroberi, Kelompok Tani Sidourip, desa Serang.

Saat ini luas lahan petani untuk budidaya stroberi mencapai 80 hektar. Komoditas ini mendukung kunjungan wisatawan di Serang yang menjadi satu-satunya Agrowisata di Purbalingga sekaligus untuk mendukung program Good Agriculture Practice Standar Operational Procedur (GAPSOP).

Mugirin (43), petani lainnya, menuturkan, kualitas benih yang semakin memburuk itu ditandai dengan ukuran buah yang kecil-kecil dengan rasa yang kurang manis. Selain itu, tanaman juga rentan terhadap serangan penyakit layu (Trichoderma koningii), busuk akar (Gliocladium sp), penyakit karat daun, dan serangan hama lainnya. Dikhawatirkan, jika tidak ada perbaikan kualitas benih, produksi stroberi akan semakin menurun.

Menanggapi keluhan petani, Kepala Dinas Kehutanan, Pertanian, dan Perkebunan Purbalingga Lily Purwati mengatakan, untuk memperbaiki kembali kualitas benih, pihaknya telah melakukan impor benih varitas Osogrande sebanyak 4.000 pohon.

Benih tersebut berupa kecambah yang kemudian disemai di greenhouse. Setiap benih yang ditanam dapat dikembangkan lagi melalui akarnya dan setiap batang menghasilkan 4-5 buah bibit.

“Dengan cara ini petani stroberi akan menghasilkan produksi yang bagus dan tentunya dengan kondisi tanaman yang tahan hama dan penyakit,” kata Lily Purwati.

Tags: , , , , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42