Logo kotaperwira.com

Perusahaan Rambut Palsu Butuh Ratusan Tenaga Kerja Terampil

Purbalingga – Puluhan perusahaan rambut dan bulu mata palsu di Purbalingga, Jawa Tengah, kekurangan ratusan tenaga kerja terampil, kata Ketua Asosisasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Purbalingga Saryono.

“Dari 30 perusahaan rambut dan bulu mata palsu di Purbalingga, rata-rata kekurangan 100-500 tenaga kerja,” kata Saryono, di Purbalingga, Senin.

Menurut dia, hingga saat ini kebutuhan tenaga kerja terampil tersebut belum dapat tercukupi.

Bahkan, kata dia, hampir seluruh perusahaan rambut dan bulu mata palsu ini setiap tahunnya menambah tenaga kerja.

“Hal itu (penambahan tenaga kerja, red.) dilakukan karena perkembangan perusahaan maupun untuk mengganti tenaga kerja yang keluar,” katanya.

Plasma-Plasma Perusahaan Rambut dan Bulu Mata Palsu

Oleh karena itu, kata dia, banyak perusahaan rambut bulu mata palsu yang membuka plasma-plasma di luar Kabupaten Purbalingga, antara lain Banjarnegara, Banyumas, dan Cilacap.

Menurut dia, plasma-plasma tersebut dibentuk untuk menutup kekurangan tenaga kerja di perusahaan induknya.

“Plasma ini lebih efektif karena tenaga kerja lokal di luar daerah tidak harus ke Purbalingga. Mereka bisa bekerja di daerahnya sendiri,” katanya.

Informasi yang dihimpun, salah satu perusahaan rambut dan bulu mata palsu penanaman modal asing (PMA) yang berlokasi Purbalingga, PT Shunchang Purbalingga, membuka cabang di Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap.

Seorang tokoh masyarakat Sidareja, Mardiyo Abdul Azis mengatakan, perusahaan tersebut mulai merekrut tenaga kerja pada 26 September 2011.

Berdasarkan rapat koordinasi antara perusahaan, Pemerintah Kecamatan Sidareja, dan tokoh masyarakat beberapa waktu lalu, pada tahap pertama akan direkrut sebanyak 1.000 tenaga kerja dari total kebutuhan yang direncanakan sebesar 4.000 tenaga.

“Kami berharap perusahaan yang akan berdiri di desa Tegalsari ini lebih mengutamakan tenaga kerja lokal,” katanya.

Tags: , , , , , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42