Logo kotaperwira.com

Pertumbuhan BMT di Purbalingga Semakin Subur

PURBALINGGA – Pertumbuhan koperasi berbasis syariah atau Baitul Maal Watamwil (BMT) di Kabupaten Purbalingga menunjukkan tren positif. Kemudahan mendapatkan dana bagi para anggotanya dinilai menjadi penyebab utamanya.

Bidang Koperasi pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) mencatat hingga bulan ini sudah 25 BMT yang beroperasi tersebar di kota kecamatan. “Saat ini masih ada satu yang sedang mengajukan izin berdiri. Kami sangat mendukungnya,” kata Kasi Pembinaan dan Pengembangan Bidang Koperasi, Endang Suciati kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (28/6).

Dikatakan, tumbuhnya BMT di Purbalingga mengindikasikan adanya peningkatan kesadaran masyarakat dalam berkoperasi. Selain itu masyarakat juga semakin sadar terhadap pengelolaan keuangan dengan cara islami.

“Disamping itu, tumbuhnya BMT juga berpengaruh terhadap terserapnya tenaga kerja. Sebab BMT tersebut tentu membutuhkan orang-orang yang bekerja di dalamnya,” lanjutnya.

Tumbuhnya BMT itu tentu saja menggembirakan. Namun demikian, Dinperindagkop tentu tidak serta merta mengizinkan sebuah pra-BMT menjadi BMT. Koperasi didirikan, lanjutnya, oleh sekelompok orang dengan tujuan yang sama. Modal awal dari seluruh pendiri minimal 20 orang.

“Kita tetap selektif. Jangan sampai nanti BMT tersebut didirikan ternyata modal milik perorangan,” katanya.

Sementara itu Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Purbalingga, Diman, belum bisa memberikan komentar mengenai pertumbuhan koperasi syariah tersebut. Pasalnya dari sekian banyak BMT yang ada di Purbalingga baru segelintir yang bergabung dengan Dekopinda. “Kebetulan banyak yang belum masuk Dekopinda jadi saya tidak bisa memberikan komentar,” katanya melalui pesawat telepon.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42