Logo kotaperwira.com

Permintaan Knalpot Purbalingga Meningkat Signifikan

PURBALINGGA – Permintaan knalpot buatan perajin Kabupaten Purbalingga meningkat signifikan. Naiknya permintaan knalpot ini menyusul jumlah kendaraan sepeda motor di nusantara semakin meningkat.

Menurut produsen knalpot Purbalingga, Udin, meningkatnya permintaan knalpot sudah dirasakan sejak satu bulan terakhir. “Setelah Lebaran permintaan naik pesat. Bahkan, kami kewalahan memenuhi permintaan konsumen,” katanya.

Permintaan paling tinggi, kata dia, untuk wilayah luar jawa seperti Sumatera, Sulawesi dan Aceh. “Biasanya sekali pesan bagian marketing knalpot di luar Jawa meminta sekitar 100 unit, tapi sekarang meningkat menjadi 200 unit. Naiknya sekitar 100 persen,” katanya.

Belum lagi permintaan untuk di Surabaya dan Jakarta juga meningkat. “Kami tidak mengetahui secara pasti indikator kenaikan permintaan ini karena kami tidak melakukan riset ilmiah, tapi kemungkinan naiknya permintaan karena kebutuhan pasar semakin meningkat, apalagi jumlah kendaraan sepeda motor semakin banyak,” ujar Udin.

Udin mengatakan, harga knalpot variasi sepeda motor jenis vespa berkisar antara Rp 95.000 – 200.000/unit, sedangkan knalpot variasi sepeda motor jenis lainnya berkisar Rp 250.000 – 1.750.000/unit. “Harga knalpot disesuaikan dengan model dan tingkat kesulitan pembuatannya,” katanya.

Produsen knalpot lainnya, Muhajirin juga mengemukakan, usaha produksi knalpot belakangan ini semakin berkembang dan pemasarannya semakin luas. Hal ini pengaruh positif dari pemasaran lewat media internet. “Sejak produsen knalpot memanfaatkan pemasaran media internet permintaan knalpot untuk pasar domestik terus meningkat,” ujarnya.

Untuk itu, kata dia, para produsen knalpot diminta makin menjaga kualitas produk untuk menjaga kepercayaan konsumen yang telah setia memakai produk buatan Kota Perwira.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42