Logo kotaperwira.com

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Pemkab Tanam 10.070 Pohon

PURBALINGGA – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemkab Purbalingga melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) menanam pohon sebanyak 10.070 batang. Tak hanya itu, Pemkab juga memberikan bantuan berupa gerobak sampah, tempat sampah dan kantong sampah terpilah serta melakukan pelestarian air dan berbagai pelatihan pengelolaan limbah.

“Selama tahun 2012 ini, kami sudah menanam pohon di Kecamatan Karangreja yaitu Desa Serang sebanyak 1.500 pohon dan 1000 pohon di Desa Serayu Larangan. Untuk Desa Losari Kecamatan Rembang sebanyak 4.000 batang dan turus jalan Bobotsari–Karangreja sebanyak 3.570 batang,” jelas Kepala Badan Lingkungan Hidup, Drs Ichda Masrianto MKes.

Untuk penanaman pohon di Kecamatan Karangreja, BLH bekerja sama dengan PDAM menyediakan pohon kelapa dan beringin. Sedangkan di Kecamatan Rembang, jenis pohon yang ditanam lebih beragam seperti duren, cengkeh, rambutan, manggis dan beringin. Untuk turus jalan Bobotsari dan Karangreja berupa pohon mahoni.

Selain penanaman pohon, Ichda menambahkan, pihaknya bekerja sama dengan Forum Purbalingga Bersih dan BKM Sejahtera Mandiri menyelenggarakan pelatihan pengelolaan limbah padat bagi ketua RT/RW dan Lurah di Purbalingga Lor.

Dalam kesempatan yang sama, dia mengatakan, dibagikan pula bantuan berupa gerobak sampah sebanyak 15 buah, tempat sampah sebanyak 230 buah, alat biopori sebanyak 12 buah dan kantong sampah terpilah sebanyak 310 kantong.

“Kami juga melaksanakan sosialisasi pengelolaan sampah sesuai amanat UU No 18/2008 tentang Pengelolaan Sambah, bagi kader, penanggung jawab terminal dan pasar di Purbalingga, sekaligus pemberian gerobak sampah terpilah sebanyak 45 buah,” jelasnya.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42