Logo kotaperwira.com

Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional di Purbalingga

Purbalingga – Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (International Anti Drugs Day) atau disingkat HANI di Kabupaten Purbalingga ditandai tes urine dadakan usai upacara di halaman Pendopo Dipokusumo, Senin (27/6). Mestinya tes urine diikuti seluruh peserta upacara kecuali jajaran TNI/Polri. Namun peserta dari PNS terlihat enggan melakukan tes urine dan meninggalkan komplek pendapa. Kegiatan yang terkesan dadakan ini akhirnya hanya diikuti 86 orang dari pelajar SMA, pramuka dan organisasi pemuda.

Acara di awali penyuluhan “Hidup Sehat Tanpa Narkoba” oleh narasumber dari panti rehabilitasi narkoba “Nurul Ichsan Al-Islami” Kalimanah Purbalingga, Ketua KNPI kabupaten Purbalingga dan para petinggi Sat Pol PP.

“Nantinya, kami secara bersama melakukan upaya preventif melalui penyuluhan dan pendekatan di sekolah- sekolah yang akan dilaksanakan bergilir. Kita awali dengan tes urine pagi ini,” ujar Kasi Linmas Sat Pol PP Purbalingga, Suprapto.

Sembari berdiskusi, secara bergantian pria maupun wanita peserta penyuluhan digiring oleh petugas Sat Pol PP untuk melakukan tes urine yang ada di samping Operation Room Graha Adiguna. Dari hasil sampel air kencing, didapatkan sebanyak 86 orang. Nantinya, dalam waktu 1-2 hari akan diketahui hasilnya.

Salah satu petugas tes urine, dari RSUD Goeteng Tarunadibrata, drg Hermanto Suprapto menuturkan, tes kali ini hanya menitikberatkan pada pemakaian ganja (Narkotika) dan Morphin, Diazepam dan lainnya (psikotropik). “Hasilnya akan kita kirimkan ke instansi bersangkutan. Yaitu Kantor Sat Pol PP Purbalingga,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko M.Si mengajak seluruh komponen masyarakat bekerjasama membimbing generasi muda agar terhindar dari jerat narkoba. Sebagai generasi yang memasuki masa transisi generasi muda butuh perhatian khusus, sehingga tidak mudah terpengaruh pergaulan pertemanan yang kurang baik.

“Mari bersama-sama kita kampanyekan kepada generasi muda agar tidak sekalipun mencoba narkoba. Ingat, narkoba bukan untuk coba-coba. Upaya ini sekaligus untuk mewujudkan Purbalingga dan Jawa Tengah bebas narkoba 2015,” tandas Heru.

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42