Logo kotaperwira.com

Peringatan Hari Air Sedunia di Purbalingga, Tanam Ribuan Pohon

PURBALINGGA – Sebanyak 3.250 bibit pohon ditanam di daerah tangkapan air guna memperingati Hari Air Sedunia dan Hari Lingkungan Hidup 2012 Tingkat Kabupaten Purbalingga. Kegiatan ini dipusatkan di Dukuh Kaliurip, Desa Serang, Kecamatan Karangreja.

“Penanaman pohon ini tidak hanya di Desa Serang, tetapi juga di Desa Serayu Larangan, Kecamatan Mrebet,” kata Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Purbalingga, Hardi Wibowo di sela-sela kegiatan, di Desa Serang, Kamis.

Menurut dia, Desa Serang dan Serayu Larangan yang berada di lereng Gunung Slamet ini merupakan daerah tangkapan air dan sumber mata air PDAM Purbalingga.

“Di Dukuh Kaliurip ini terdapat mata air Sikopiah. Di sini ditanam 1.000 bibit pohon, terdiri 500 bibit mahoni dan 500 bibit aren,” katanya.

Dengan penanaman bibit pohon aren ini, kata dia, diharapkan Desa Serang ke depat mampu menjadi daerah industri gula aren.

“Di desa ini sebenarnya terdapat 67 hektare tanah negara. Bila diperbolehkan PDAM siap memberikan bibit aren,” kata dia menambahkan.

Sementara di Desa Serayu Larangan, kata dia, PDAM menyerahkan 1.000 bibit pohon kelapa.

Ia mengatakan, PDAM Purbalingga juga melakukan penghijauan di wilayah perkotaan dengan menanam sebanyak 1.250 bibit pohon peneduh yang terdiri bibit pohon angsana, duwet, dan kepel, masing-masing 500 batang.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko mengatakan, momentum Hari Air Sedunia ini akan terus ditindaklanjuti meskipun jumlah pasti alokasi dana dalam APBD untuk program penghijauan tidak diketahui secara pasti.

“Kita akan terus menindaklanjuti momentum Hari Air Sedunia ini dengan menyadarkan masyarakat akan pentingnya penghijauan, terutama di daerah tangkapan air,” katanya.

Tags: , , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42