Logo kotaperwira.com

Percepat Penyaluran Raskin Untuk Antisipasi Kenaikan Harga Beras

Purwokerto – Sejumlah pemerintah kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) bagian selatan akan mempercepat penyaluran beras untuk warga miskin (raskin). Pasalnya, saat ini harga beras di pasaran untuk jenis IR 64 kelas medium telah mencapai Rp7.200 per kilogram (kg).

Humas Bulog Subdivisi Regional (Subdivre) IV Banyumas Priyono, Selasa (5/7) mengungkapkan tiga kabupaten yang telah mengajukan jatah raskin Agustus untuk disalurkan pada Juli yakni Banjarnegara, Purbalingga dan Cilacap.

“Jatah Juli sebetulnya sudah tidak ada. Hilangnya jatah bulan Juli karena alokasinya telah diajukan pada Juni lalu. Ketiga pemkab mengajukan jatah raskin pada Agustus ke Juli untuk mengantisipasi semakin melonjaknya harga beras di pasaran yang mencapai Rp7.000 per kg bahkan ada yang menjual Rp7.200 per kg,” jelas Priyono.

Percepatan penyaluran raskin ini diharapkan akan menahan laju kenaikan harga beras. Apalagi, lanjut Priyono, jumlah raskin yang disalurkan mencapai ribuan ton.

Dengan penyaluran raskin tersebut, setidaknya akan membantu warga miskin. Apalagi setiap keluarga akan memeroleh jatah raskin sebanyak 15 kg dengan harga tebus hanya Rp1.600 per kg atau jauh di bawah harga beras di pasaran.

Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Banyumas Asis Kusumandani mengakui kenaikkan harga beras di pasaran dipicu minimnya panen dari para petani. “Boleh dikatakan saat ini adalah musim paceklik karena pada umumnya petani belum memasuki masa panen sehingga harga beras di pasaran terdongkrak,” jelasnya.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42