Logo kotaperwira.com

Perayaan Paskah, Polisi Amankan Gereja

Purbalingga – Menyusul ancaman bom di Gereja Kathedral Serpong, Tanggerang, pengamanan ketat sejumlah gereja di Kabupaten Banyumas dan Purbalingga Jawa Tengah. Anggota polisi dan Brimob ditempatkan di gereja menjelang Paskah. Sebelum pelaksanaan misa Brimob melakukan sterilisasi.

Kapolres Purbalingga, Roy Hardi mengatakan, pengamanan gereja-gereja dimulai hari Kamis (21/4) hingga perayaan Paskah usai, Minggu (24/4) lusa.

Gereja yang dipantau meliputi Gereja Kristen Indonesia (GKI), Gereja Kristen Jawa (GKJ), Gereja Katholik, yang keseluruhannya berada di jalan Jenderal Soedirman Purbalingga. Sejumlah gereja lainnya juga mendapat perlakuan yang sama. “Kami sudah perintahkan penggeledahan kepada pengunjung gereja yang dinilai mencurigakan,” kata Kapolres.

Kapolres tak segan-segan memerintahkan kepada pengunjung yang membawa tas besar atau berpakaian jaket yang mencurigakan untuk diperiksa. “Kalau jemaat membawa buku kitab suci, tidak perlu diperiksa. Tetapi kalau ada pengunjung gereja yang memakai jaket dan pakaian besar yang dinilai mencurigakan segera digeledah,” katanya.

Kapolres menambahkan, jika ada kiriman paket yang mencurigakan dan pihak pengurus gereja tidak mengetahui alamat pengirimnya, Kapolres memerintahkan agar paket itu jangan dibawa masuk ke dalam gereja. “Paket mencurigakan agar dibawa ke kantor polisi untuk diperiksa lebih jauh,” tambahnya.

Kepala Bagian Operaional Polres Banyumas Kompol Larasno bersama Komandan Subden 3 Detasemen B Pelopor Banyumas Iptu Kholil mengakui, tidak semua gereja disterilkan. Sterilisasi dilakukan untuk gereja yang jamaatnya banyak. “DI Purwokerto ada tiga yang dilakukan sterilisasi, yakni Gereja Katedral, Gereja Santo Joseph dan GKI Martadireja,” jelasnya.

Anggota Brimob memeriksa lingkungan dalam dan luar gereja menggunakan detektor logam dan mirror detector. Mulai dari tempat duduk, altar dan halaman gereja. Dari pemeriksaan yang dilakukan, tak ditemukan adanya benda atau barang mencurigakan.

Sumber : Pikiran Rakyat

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42