Logo kotaperwira.com

Perajin Kayu Purbalingga Terimbas Krisis Ekonomi Eropa

Purbalingga – Sejumlah usaha kerajinan kayu di Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) terkena dampak krisis ekonomi Eropa. Pasalnya selama ini para perajin banyak memasarkan produk mereka ke sejumlah negara Eropa seperti Jerman, Spanyol dan Turki.

Dari empat unit usaha yang ada di kabupaten setempat, yang beroperasi tinggal satu itu pun mengalihkan pasar ke luar Eropa.

Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Purbalingga, Agus Purhadi Satyo mengungkapkan bahwa dampak krisis Eropa memang telah dirasakan para pelaku usaha kerajinan kayu di Purbalingga.

“Sejak tiga bulan terakhir, tiga dari empat unit usaha di Purbalingga tidak lagi memproduksi kerajinan kayu untuk diekspor ke Eropa. Sebab, pasar Eropa tengah lesu akibat krisis ekonomi yang tengah terjadi,” jelas Agus, Rabu (30/11).

Menurutnya, jenis kerajinan Purbalingga yang diekspor ke Eropa adalah nampan. Negara yang menjadi tujuan ekspor yakni Jerman, Spanyol dan Turki. “Padahal, sewaktu berproduksi ada ratusan karyawan yang bekerja pada perusahaan pembuat kerajinan kayu tersebut. Untuk sementara ini, para pekerja dialihkan ke pekerjaan lainnya,” tambahnya.

Salah satu perusahaan yang masih bertahan adalah CV SN Jaya yang berada di Kelurahan Wirasana, Kecamatan Purbalingga. Mereka bertahan memproduksi kerajinan kayu, tetapi tidak lagi mengekspor ke pasar Eropa, namun ke Jepang.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42