Logo kotaperwira.com

Penilaian Tahap II Adipura Akan Dilakukan Awal April

PURBALINGGA – Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Ichda Masriyanto mengatakan, penilaian tahap kedua (P2) Adipura akan dilakukan pada awal April. Informasi ini diperoleh dari provinsi.

“Memang semula P2 akan dilaksanakan akhir Maret tetapi pusat banyak kesibukan sehingga diundur,” katanya, Minggu (25/3).

Karena ada pengunduran itu, KLH saat ini terus melakukan pemantauan untuk melihat apa saja yang masih kurang terkait penilaian Adipura. Beberapa tempat sampah umum yang rusak atau tutupnya hilang akan diganti dengan yang baru sehingga diharapkan bisa menambah poin.

Sementara itu Tempat Penampungan Akhir (TPA) sampah di Desa Banjaran, Kecamatan Bojongsari yang baru, mulai diujicobakan. Uji coba dilakukan pekan lalu saat ada kunjungan tim dari provinsi. Karena itu mulai minggu ini gunungan sampah di lokasi lama akan dipindah.

“Mulai pekan depan, sedikit demi sedikit kita alihkan pembuangan sampah dari lokasi lama ke lokasi baru. Kalau ada kiriman sampah baru yang dibawa dump truk, kita arahkan ke lokasi baru di sebelah timur lokasi lama,” kata Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPU Bambang Subaryono.

Dia menambahkan, daya tampung lokasi baru lebih besar dibandingkan lokasi lama. Lokasi baru mampu menampung 75.020 meter kubik, sedangkan lokasi lama 17.387 meter kubik. Lokasi lama menggunakan sistem control renfil, sedangkan yang baru sanitary renfil.

Dalam kunjungan ke TPA, tim provinsi menyarankan kepada pengelola agar sampah sudah mulai dipilah antara yang organik dan non organik. “Paling tidak 20 persen sampah di situ sudah terpilah. Namun kami kesulitan karena sampah yang masuk TPA masih campur,” katanya.

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42