Logo kotaperwira.com

Pengelola Bus AKAP Belum Transparan Terkait Data Jumlah Armada

Jumlah Kesiapan Armada Lebaran

PURBALINGGA – Para pengelola atau agen bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Purbalingga belum transparan dalam memberikan data jumlah armada yang beroperasi di Purbalingga saat mudik dan arus lebaran tahun ini. Padahal, data itu bisa dijadikan acuan bagi dinas maupun Organda melakukan penanganan kekurangan armada.

Hal itu dikatakan Ketua Pengurus Cabang Organda Purbalingga, M Wachyono, Selasa (7/8) saat mengecek kesiapan kendaraan di terminal bus Purbalingga. Organda menanyakan kesiapan para agen bus AKAP dalam menyiapkan armada. Namun, belum ada yang menjawab dengan pasti berapa data jumlah armada yang akan dikerahkan.

Sejumlah agen mengaku jumlah armada yang akan dikerahkan dalam arus mudik maupun balik itu masih diperhitungkan pemilik bus. Diduga tidak transparannya pengelola bus AKAP ini terkait erat dengan jalur atau trayek.

“Ini sudah berlangsung selama beberapa tahun. Data tidak pernah diberikan. Nanti giliran ada kekurangan armada, Organda juga yang turun tangan dan kordinasi dengan dinas terkait. Kami meminta para agen bus jangan menyepelekan ini,” tegasnya, kemarin.

Dari data yang dimiliki Organda Purbalingga tahun 2012, jumlah kendaraan angkutan umum sebanyak 4.500 unit. Masing-masing angkuta (211), Angkudes (609), AKDP (363), AKAP (34). Kemudian bus wisata (8), Travel (21), atau total 1.246. sementara sisanya merupakan angkutan bak terbuka/pick up.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya juga menghimbau agar para pengelola angkutan umum tetap mematuhi aturan kenaikan tarif (tuslah) menjelang lebaran ini. “Sampai saat ini belum ada rapat di Purbalingga terkait tuslah. Kemungkinan dalam minggu depan. Namun kabarnya ada yang segera menaikan tarif,” tambahnya.

Berdasarkan pantauan Radarmas, Terminal Purbalingga kemarin (7/8), masih belum menampakan keramaian. Salah satu pengelola agen bus, Yuli mengatakan, dirinya akan menaikkan tarif mulai tanggal 9 mendatang. Hal itu sesuai daftar atau hasil rapat di Jakarta. Untuk saat ini, arus masih sepi dan dari Purbalingga yang ke Jakarta juga minim.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42