Logo kotaperwira.com

Pengawas Ruang UN Wajib Tanda Tangani Pakta Kejujuran

PURBALINGGA – Ketua Panitia UN Kabupaten Subeno menekankan kejujuran para pengawas ruang. Mereka diharuskan menandatangani pakta kejujuran setiap melakukan pengawasan di ruangan. Pakta ini kemudian dikumpulkan menjadi satu dengan lembar jawab ujian nasional (LJUN).

“Semua pengawas semua mata pelajaran wajib menandatangani pakta integritas yang ada dalam satu amplop dengan soal UN. Isinya komitmen untuk tidak membantu peserta atau melakukan hal-hal yang menyimpang lainnya. Pakta itu lalu dimasukkan jadi satu dengan LJUN,” katanya, Kamis (12/4).

Subeno menuturkan, peluang pengawas untuk melakukan kecurangan tetap ada. Peluang itu bisa terjadi misalnya ada di antara peserta UN di ruangannya adalah masih terhitung keluarga sendiri. Karena itulah pengawas dituntut juga bersikap jujur.

Dia menambahkan, soal UN akan datang di Purbalingga dari percetakan di Kudus pada Sabtu (14/4) pagi. Soal itu langsung disimpan di aula Dinas Pendidikan dengan pengamanan dari kepolisian. Hari Minggu (15/4) pagi, soal diambil dari Dinas ke subrayon masing-masing.

Kemudian dari subrayon akan didistribusikan ke sekolah secara bertahap setiap hari menyesuaikan jadwal mata pelajaran UN hari itu. “Di subrayon juga akan ada pengamanan polisi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42