Logo kotaperwira.com

Pendataan Jamkesda 2012, Dinkes Purbalingga Tunggu Data PPLS 2011

PURBALINGGA – Dinas Kesehatan Purbalingga menunggu hasil Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) 2011. Data keluaran Badan Pusat Statistik (BPS) itu dibutuhkan untuk membenahi data kepesertaan Jamkesda 2012.

Kabid Pemberdayaan dan JPK pada Dinas Kesehatan, drg Hanung Wikantoro MPPM mengatakan, sejauh ini, dinas masih menggunakan data PPLS 2008. Yang mana data lawas tersebut, sejatinya dinilainya tak representatif lagi.

Sebab, jelas Hanung, dari tahun 2008 hingga sekarang ini, dinamika kependudukan di Purbalingga berubah secara terus menerus. “Tapi data PPLS 2011 belum ada, padahal program sudah harus berjalan,” ucap Hanung.

Walau begitu, Dinas Kesehatan mencoba memperbaharui data warga miskin dengan melakukan survei, selama dua tahun terakhir. Pendataan dilakukan dengan melibatkan puskesmas bahkan kades kesehatan di desa.

Anggota DPRD, Sunarto mengemukakan, selain masalah data, sosialisasi Jamkesda 2012 di Purbalingga juga harus digencarkan. Dengan begitu, masyarakat akan aktif mendata dirinya dalam kepesertaan program itu. “Pelayanan juga harus maksimal, jangan ada perbedaan pelayanan hanya karena seseorang itu peserta Jamkesda miskin,” kata Sunarto yang juga Ketua Komisi B DPRD.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42