Logo kotaperwira.com

Pencemaran Sungai Gemuruh Kian Memprihatinkan

PADAMARA – Tingkat pencemaran air di Sungai Gemuruh kian memprihatinkan. Kondisi air sangat keruh dan sampah mengotori aliran sungai itu. Sungai Gemuruh melintas kota Purbalingga dengan panjang mulai dari hulu ke hilir sekitar 19,7 kilometer. Pencemaran dapat terlihat jelas di aliran sungai itu di wilayah Kelurahan Purbalingga Kulon.

Atas kondisi sungai yang memprihatinkan itu, para anggota pramuka Kwarcab Purbalingga, melakukan kegiatan pembersihan sungai. Kwarcab setidaknya menerjunkan 60 orang pramuka dari Gugus Depan (Gudep) SMKN 1 Padamara, dan kelompok Pecinta Alama (PA) SMA tersebut, juga dibantu dari Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) Kwarcab.

Wakil Ketua Kwarcab Bidang Humas dan Pengabdian Masyarakat, Arif Hardoyo bersama sejumlah pengurus Kwarcab yang memantau kegiatan Prokasih (Program Kali Bersih) itu mengungkapkan, pencemaran secara fisik dapat dilihat dari banyaknya sampah domestik seperti plastik dan sampah rumah tangga yang dibuang ke sungai. Sementara keruhnya air diduga dari buangan limbah detergen dan dari sedimentasi di bagian hulu sungai.

“Secara fisik terlihat jika sungai sudah tercemar, namun perlu dilakukan uji kimia guna mengukur tingkat pencemaran itu dengan melihat parameter keasaman (pH), BOD, COD serta unsur kimia lainnya,” kata Arif Hardoyo, Minggu (18/3).

Menurut Arif, parameter COD (Chemical Oxygen Demand) adalah kebutuhan oksigen kimia untuk reaksi oksidasi terhadap bahan buangan di dalam air. Sedang BOD (Biological Oxygen Demand) merupakan kebutuhan oksigen biologis untuk memecah bahan buangan di dalam air oleh mikroorganisme.

“Parameter ini secara langsung maupun tidak langsung dipengaruhi oleh oleh ketersediaan oksigen didalam air. Ketersediaan oksigen yang rendah tentunya berpengaruh terhadap ekosistem sungai khususnya makluk hidup,” katanya.

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42