Logo kotaperwira.com

Penambang Pasir Temukan Granat di Sungai Kalikajar

KUTASARI – Sebuah granat aktif jenis nanas ditemukan oleh penambang pasir, Latif (20) warga RT 18 RW 8 Dusun Karangtengil, Desa Munjul, Kecamatan Kutasari, Purbalingga, Minggu (16/12) di Sungai Kalikajar, desa setempat.

Menurut pengakuannya, saat itu sekitar pukul 10.30 ia sedang menambang pasir di sungai tersebut. Ketika mengangkat pasir dengan keranjang, didapatinya sebuah benda berbentuk bulat telur dari besi yang sudah berkarat yang diduga granat.

“Karena takut mbok meledak, benda itu saya lempar ke tepi sungai,” katanya kepada polisi.

Ia segera memberitahukan Sofyanto (53), perangkat desa setempat perihal penemuan itu dan diteruskan ke Mapolsek Kutasari. Kapolsek, AKP AF Sarpono beserta anggotanya serta Unit Inafis, Satreskrim Polres Purbalingga segera mendatang ke lokasi untuk memeriksa granat itu.

Setelah diperiksan, ternyata granat tersebut masih aktif. Polisi pun melokalisir TKP untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Pasalnya puluhan warga mendatangi lokasi karena penasaran perihal penemuan granat itu.

Granat tersebut lalu dibawa ke Mapolres Purbalingga. Tak lama kemudian anggota Brimob dari Purwokerto mengambil granat tersebut untuk diamankan.

Kapolres Purbalingga, AKBP Ferdy Sambo melalui Kasat Reskrim, AKPS Sardji mengatakan, granat tersebut masih aktif dan tidak ada pelatupnya. Kemungkinan granat itu merupakan peninggalan zaman perang kemerdekaan.

“Masih aktif, ukuran panjang 10 centimeter, diameter 6 centimeter, jenis nanas dan sudah tidak ada pelatuknya,” katanya.

Lebih lanjut, ia berpesan kepada warga bila menemukan hal serupa untuk tidak dipegang atau disingkirkan. Segera lapor ke polisi untuk pencegahan hal-hal tidak diinginkan.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42