Logo kotaperwira.com

Pemkab Terima Hibah Tanah untuk Pembangunan Puskesmas Pembantu

Purbalingga – Hj Srie Rachmat, salah satu cucu keturunan Mbah Demang Patrayudha desa Makam Kecamatan Rembang, menyerahkan sebidang tanah miliknya kepada Pemkab Purbalingga. Pelepasan hak atas tanah oleh Hj Srie Rachmat kepada Pemkab ditandai dengan penandatanganan surat perjanjian di Pringgitan Rumah jabatan Bupati Purbalingga, Rabu (16/11).

Dalam surat perjanjian itu, Hj Srie rachmat yang sekarang berkedudukan di Kelurahan Rawamangun, Jakarta Timur selaku pihak pertama, bersepakat melepaskan hak atas tanah seluas 1.118 m2 secara sukarela tanpa memperoleh penggantian dalam bentuk apapun, kepada Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko M.Si selaku pihak kedua.

Penandatanganan Surat Perjanjian Hibah Tanah

Penandatanganan Surat Perjanjian Hibah Tanah Keturunan Mbah Demang Patrayuda

Tanah bersertifikat Hak Milik Nomor 03929 yang terletak di Desa Makam Kecamatan Rembang diserahkan kepada Pemkab untuk digunakan sebagai lokasi pembangunan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pembantu “Patrayudha” desa Makam. Tanah warisan dari penguasa desa perdikan Makam Jurang itu juga dapat dimanfaatkan untuk pembangunan sarana dan prasarana serta fasilitas pelayanan umum lainnya oleh Pemkab.

“Sesungguhnya kami pernah berencana menyerahkan tanah itu, saat Bupati terdahulu. Namun belum terlaksana. Atas nama keluarga besar Patrayudha, kami menyampaikan terima kasih kepada Pak Heru dan Pak Kento yang telah membantu kami meneruskan amanah dari Mbah Demang Patrayudha,” kata Drs H Rachmat Suwarno MBA, salah seorang perwakilan keluarga yang juga suami dari Hj Srie Rachmat.

Keluarga Besar Patrayudha, lanjut Rachmat, juga merasa terhormat karena permintaan keluarga agar tanah yang diserahkan kepada Pemkab dapat dimanfaatkan untuk membangun Puskesmas Pembantu, dapat direalisasi. “Di atas tanah itu, juga terdapat Mushola dan Madrasah. Kami juga mohon bantuan Pemkab agar fasilitas itu dapat ikut dirawat dan dipelihara. Kalau perlu bisa ditingkatkan fungsinya,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Drs H Heru Sudjatmoko M.Si menyambut gembira penyerahan tanah milik warga kepada pemerintah. Secara fisik, kata Bupati, penyerahan tanah tersebut sangat berguna bagi pemkab dalam rangka pembangunan sarana dan prasarana pelayanan umum khususnya di desa Makam Kecamatan Rembang. Tetapi lebih dari itu, lanjut Bupati, yang perlu dibanggakan adalah niat iklas dari keluarga Mbah Demang Patrayudha dalam meneruskan amanah menyerahkan tanah kepada pemerintah.

“Mudah-mudahan, Puskesmas Pembantu yang dibutuhkan masyarakat desa Makam, dapat kami bangun pada tahun anggaran 2012,” katanya.

Bupati juga meminta Kepala Desa setempat, Sugiyatno untuk membantu merawat Makam Mbah Demang Patrayudha agar tidak “kapiran”.

Surat Perjanjian bernomor 590/14 Tahun 2011, di tandatangani oleh kedua belah pihak, yakni Hj. Srie Rachmat selaku pihak pertama dan Drs H Heru Sudjatmoko M.Si selaku pihak kedua. Penandatanganan perjanjian disaksikan pihak keluarga yang diwakili Drs H Rachmat Suwarno MBA dan Min Kusminah. Sedangkan Wakil Bupati Drs H Sukento Ridho Marhaendrianto MM, Camat Rembang Suwarto SE dan Kepala Desa Makam Sugiyatno betindak sebagai saksi.

Setelah penandatanganan, dilanjutkan penyerahan sertifikat tanah kepada Bupati dan penyerahan piagam penghargaan serta cindera mata oleh Bupati.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42