Logo kotaperwira.com

Pemkab Purbalingga Bangun Taman Kota Bojong

PURBALINGGA – Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) Purbalingga patut disambut gembira masyarakat. Pasalnya, melalui P2KH itu, Purbalingga bakal memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang baru berupa taman kota di Kelurahan Bojong. Pembangunan taman kota di Kelurahan Bojong ini akan dimulai pada akhir Agustus nanti.

P2KH yang merupakan kegiatan bersama Bappeda Purbalingga dengan Komunitas Hijau Purbalingga ini merupakan reward atau penghargaan yang diberikan pemerintah pusat kepada Purbalingga yang telah berhasil menyusun Perda RTRW berdasarkan Undang Undang nomor 26 tahun 2007. Program ini mendapat dukungan dana untuk pembangunan fisik sebesar Rp 850 juta.

Kepala Bappeda Purbalingga, Ir Setiyadi M Si mengatakan, secara nasional, ada 60 kabupaten/kota yang mendapatkan program ini. Purbalingga menjadsi salah satu kabupaten dari 15 Kabupaten yang mendapatkan progran tersebut.

“Implementasi P2KH ada empat kegiatan yakni sosialisasi P2KH, penyusunan masterplan RTH perkotaan, penyusunan peta hijau dan pembuatan DED RTH di perkotaan Purbalingga,” tutur Ir Setiyadi M Si didampingi Kabid Fisik dan Prasarana Wilayah, Hadi Iswanto.

Dia menambahkan, Kabupaten Purbalingga telah menetapkan RTH Taman Kota di Kelurahan Bojong itu melalui SK Bupati. “Lahan yang akan dibangun menjadi Taman Kota ini seluas 9710 M2. DED pembangunan taman kota di Kelurahan Bojong juga sudah disusun,” tambahnya.

P2KH tersebut selaras dengan program Pemkab Purbalingga dalam mewujudkan RTH sebesar 30 persen sesuai amanat Perda nomor 5 tahun 2011 tentang RTRW. Salah satu output dari program tersebut adalah terbentuknya Komunitas Hijau Purbalingga sebagai motor penggerak aktivitas RTH.

Setiyadi menambahkan, hingga saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi P2KH yang dilaksanakan bersama Green Community yakni Komunitas Hijau Purbalingga. Sosialisasi dilaksanakan kepada sejumlah lembaga baik di lingkup pemerintahan maupun kalangan swasta.

Tags: , , ,
Source: Radar Banyumas

Leave a Reply

close(x)
Pasang Iklan