Logo kotaperwira.com

Pemilihan Ketua IGTKI Purbalingga

Purbalingga – Guna meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Formal, TK atau Raudatul Athfal (RA) di Purbalingga, maka kesejahteraan mereka perlu ditingkatkan. Hal itu disampaikan oleh ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Purbalingga, Khomsiatun Prihatiningsih.

Gaji Guru TK Tak Penuhi Standar

Menurutnya saat ini gaji dan honor guru TK belum memenuhi standar. “Di beberapa desa, upah mereka paling besar Rp 250 ribu per bulan. Itu ketika UMR (Upah Minimum Regional) Rp 765 ribu,” kata Khomsiatun di sela-sela acara pemilihan Ketua IGTKI, kemarin.

Bahkan, imbuh dia, guru Taman Kanak-Kanak di wilayah Kecamatan Karangmoncol ada yang hanya di bayar Rp 70 ribu. Kondisi ini sudah berlangsung sejak lama. Oleh karena itu, Khomsiatun memandang perlu adanya perubahan kebijakan terkait upah guru TK. Pasalnya, jumlah gaji tersebut tidak mungkin mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Profesionalisme

“Selain itu, honor untuk guru wiyata bakti juga perlu diperhatikan. Gaji guru TK saja kecil, apalagi yang masih berstatus wiyata bhakti,” imbuh dia.

Sementara itu, Ketua IGTKI demisioner, Eko Nurmedi menuturkan, selain peningkatan kesejahteraan, perlu meningkatkan profesionalismenya. Hal itu sudah menjadi tuntutan tenaga pendidik anak-anak. “Masa depan anak-anak tergambar sejak di didik di TK. Disana mereka mulai dibentuk karakternya,” ujar Eko.

Dia berharap, dengan terbentuknya pengurus baru IGTKI Purbalingga, kompetensi tenaga pendidik dapat ditingkatkan. Program diklat akan difokuskan untuk mengasah kreatifitas metode pendidikan setiap guru.

Dijelaskan, dalam proses pemilihan ketua IGTKI Purbalingga, Khomsiatun mengalahkan empat calon yaitu, Siti Romlah dari TK Bhayangkari, Siti Umaroh dari TK Negeri Pembina Purbalingga, dan Sumarni dari TK Negeri Pembina Bukateja. Usai acara tersebut, ketua terpilih langsung mengadakan rapat untuk membentuk kepengurusan.

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42