Logo kotaperwira.com

Pembangunan Pabrik Gula Purbalingga Masih Terkendala Lahan

SEMARANG – Kepala Dinas Perkebunan Pemprov Jateng Tegoeh Wynarno Haroena mengungkapkan, rencana pembangunan pabrik gula di Purbalingga, menghadapi kendala pembebasan lahan. Lahan yang akan dijadikan lokasi pembangunan pabrik, saat ini sudah dikuasai para broker tanah, sehingga harganya tidak terjangkau investor.

Untuk merealisasikan pembangunan pabrik gula di Purbalingga tersebut, investor harus mencari lokasi lain. Jika investor sampai gagal menemukan lokasi pengganti, dikhawatirkan PT Putra Giri Manis (investor) akan membatalkan niatnya berinvestasi membangun pabrik gula di Purbalingga dan berinvestasi ke daerah lain.

“Harga tanah yang dulu ditawarkan Rp 15 ribu/meter, kini melambung hingga Rp 1,5 juta/meter karena masuknya para calo tanah,” tutur Tegoeh.

Jika PT Putra Giri Manis jadi membangun pabrik gula di Purbalingga, investasi yang bakal masuk ke daerah tersebut cukup besar, yaitu sekitar Rp 1,870 triliun. Pembangunan pabrik gula di Purbalingga akan membantu program swasembada gula Jawa Tengah yang dicanangkan 2013 mendatang.

Menurut Tegoeh, saat ini total kapasitas produksi 13 pabrik gula yang ada di Jateng belum mampu memproduksi gula untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jateng.

Hal itu dibutuhkan lahan seluas 77,4 ribu hektare. Tahun ini areal tebu sudah mencapai 73.000 hektare. Sehingga jika ada pabrik gula di Purbalingga dan di Blora yang saat ini tengah dibangun, target swasembada akan bisa tercapai.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42