Logo kotaperwira.com

Pelawak Marwoto Bakal Main Ketoprak Lawak di Purbalingga

PURBALINGGA – Pelawak Marwoto dan Suliyah bakal mengocok perut masyarakat Purbalingga dalam Pekan Budaya memeriahkan Peringatan Hari Jadi Purbalingga ke-181. Kedua pelawak lokal senior itu dijadwalkan tampil di acara Kethoprak Lawak di Usman Janatin Park, Senin (19/12).

“Pelawak Marwoto dan Suliyah dijadwalkan tampil malam hari, jam 7 sampai jam 10 malam. Ini masih dalam satu kegiatan pentas seni di Usman Janatin Park,” jelas Kepala Bagian Humas Setda Purbalingga Drs Rusmo Purnomo dalam siaran persnya, Rabu (14/12).

Pelawak Marwoto Main Ketoprak di Purbalingga

Pelawak Marwoto Akan Main Ketoprak Memperingati Hari Jadi Kabupaten Purbalingga ke-181

Menurut Rusmo, selama empat hari berturut-turut sejak Minggu (18/12) sampai Rabu (21/12), masyarakat Purbalingga akan dihibur dengan berbagai pagelaran seni baik modern maupun tradisional dalam Pekan Budaya. Menandai awal Pekan Budaya, akan dilaksanakan Pawai Budaya usai Upacara Bendera di Halaman Pendopo Dipokusumo, Minggu (18/12).

“Pawai Budaya ini akan diikuti oleh 18 kecamatan, dan masing-masing kecamatan menampilkan dua kelompok. Tak hanya itu, akan ditambah bintang tamu dari Jawa Timur berupa Kesenian Warok, Jawa Barat dengan Kesenian Kenthong dan Jawa Tengah melalui Topeng Ireng,” jelasnya.

Rusmo mengatakan Pawai Budaya akan memulai start dari GOR Mahesa Jenar menempuh rute Tugu Jam Gang Mayong – belok kiri Jl. Jendral Sudirman – Alun-alun – Panggung Kehormatan di Depan Gerbang Pendopo Dipokusumo – memutar Alun-alun – SMA Muhammadiyah – Jl Piere Tendean – Jl Komisaris Noto Sumarsono dan finish di Usman Janatin Park.

“Nanti saat di depan panggung kehormatan, masing-masing kelompok akan melakukan display atau atraksi maksimal 5 menit. Akan dipilih penampilan terbaik untuk menerima hadiah di akhir rangkaian Pekan Budaya,” jelasnya.

Tanggal 19-20 Desember, kata dia, akan dilaksanakan Pentas Seni di Usman Janatin Park. Senin siang (19/12) pukul 13.00 – 17.00, Pentas Seni akan diisi kesenian dari Sanggar Citra Budaya dan Cindhe Laras. Malamnya, pukul 19.00 – 22.00, masyarakat Purbalingga akan disuguhi Kethoprak Lawak oleh Marwoto dan Suliyah.

“Kalau Pentas Seni yang tanggal 20 Desember hari Selasa, paginya berupa Pagelaran Kuda Kepang, siangnya Sanggar Sari Ratri dan Sanggar Setyo Laras. Malamnya Pentas Campur Sari,” imbuhnya.

Pada hari terakhir, Kamis (21/12), di Usman Janatin Park akan digelar Parade Band. Tak tanggung-tanggung, pelaksanaannya penuh satu hari satu malam. Dalam Parade Band kali ini, akan menampilkan band-band lokal yang ada di kabupaten Purbalingga dan sekitarnya.

“Pada hari yang sama juga akan dilaksanakan Pentas Wayang Kulit Semalam Suntuk di Desa Onje Kecamatan Mrebet. Pada malam ini pula, akan diserahkan hadiah bagi pemenang Pawai Budaya yang telah dilaksanakan di awal Pekan Budaya hari Minggunya,” pungkasnya.

Tags: , , , , , , , , ,  , marwotoalun alun terbaik di jawa tengahpelawak suliahalon-alon terbaik di jawa tengahalun-alun terbaik di jatengpdlawk suliahTugu perbatasan banyumas purbalingga
Source: Purbalinggakab
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. gambar diambil dari kapanlagi.com

Leave a Reply

close(x)
Pasang Iklan