Logo kotaperwira.com

Pelatihan Batik Forum Perajin Batik Purbalingga di Limbasari

BOBOTSARI – Pembabaran (penghilangan malam) batik sudah tak perlu lagi dilakukan di luar daerah. Selama ini perajin batik dari Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari masih melakukan pembabaran ke Sokaraja. Hal itu karena perajin belum mengetahui teknik pembabaran.

“Kini setelah tahu, mengerti dan melakukan pembabaran batik, mereka tidak perlu lagi ke Sokaraja. Pembabaran bisa dilakukan sendiri oleh perajin. Hal ini tentu saja akan memangkas ongkos produksi,” kata Kepala Dinsosnakertrans Ngudiarto, Kamis (8/3).

Dia mengatakan hal itu di sela-sela penutupan pelatihan batik di balai desa Limbasari. Pelatihan diikuti 20 perserta yang kebanyakan kaum ibu. Mereka mendapat materi dari Ketua Forum Perajin Batik Purbalingga Yoga Prabowo. Pelatihan berlangsung 4 hari sejak 5 Maret lalu.

Kegiatan ini merupakan pelatihan lanjutan dari kegiatan yang sama pada Desember 2011. Pada pelatihan pertama, peserta mendapat materi teori dan praktek mengenai desain dan pola. Sedangkan pada pelatihan kedua materi pewarnaan dan pembabaran.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program rintisan desa produktif dari Balai Besar Peningkatan Produktivitas Ditjen Bina Latas pada Kemenakertrans. Untuk Purbalingga, kami arahkan ke Desa Limbasari sebagai sentra kerajinan batik,” ujar Ngudiarto.

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42