Logo kotaperwira.com

Pejabat Pemerintah Tidak Boleh Hanya Mementingkan Kelompoknya

Purbalingga – Menjadi seorang pejabat di lingkup kerja manapun memiliki tanggung jawab yang besar. Jabatan yang diberikan merupakan sebuah amanah yang harus dipertanggungjawabkan kepada negara dan kepada Yang Maha Kuasa. Karenanya pejabat yang telah mengambil sumpah harus konsisten dan konsekuen dengan amanah yang diberikan.

“Saudara saya minta mampu menjadi barisan yang kompak. Namun bukan sebagai gerombolan yang biasanya hanya mementingkan kelompoknya. Kalau dapat sesuatu kemudian dibagi-bagi untuk kelompoknya. Insya Allah kita bukan yang seperti itu,” kata Bupati Purblingga Heru Sudjatmoko sesaat setelah mengambil sumpah dan melantik 24 pejabat eselon III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Selasa (18/10).

Pelantikan berlangsung di Pendopo Dipokusumo, dihadiri Wakil Bupati Sukento Ridho Marhaendrianto, Wakil ketua DPRD, Jajaran Muspida dan para pejabat dilingkungan pemkab Purbalingga.

Menurut Bupati, pejabat yang ada di lingkungan pemkab terutama yang baru saja dilantik adalah seorang aparatur, abdi negara, pejabat pemerintah dan pelayan masyarakat. Kita semua, lanjut Bupati, harus memiliki komitmen untuk senantiasa menjalankan tugasnya demi kepentingan masyarakat.

Di bagian lain Bupati menuturkan, promosi dan rotasi jabatan dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan struktural karena adanya beberapa pejabat yang memasuki masa pensiun. Sedangkan rotasi jabatan yang dilakukan juga karena kebutuhan organisasi. Hal itu dimaksudkan agar tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan di Purbalingga dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

“Pejabat struktural yang dilantik dan diambil sumpah hari ini, telah melalui rangkaian pembahasan oleh Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat). Saya bersama wakil bupati kemudian mencermati. Insyaaloh telah memenuhi unsur obyektifitas dan memenuhi persyaratan sesuai dengan kompetensi jabatan yang diemban,” tandasnya.

Promosi dan Rotasi

Dua puluh empat pejabat yang diangkat dalam jabatan struktural eselon III terdiri dari pejabat eselon III A sebanyak 13 orang. Meliputi 3 sekretaris dinas dan 10 camat. Sedangkan untuk jabatan struktural eselon III B sebanyak 11 orang terdiri dari 3 kepala bidang dan 8 sekretaris kecamatan.

Kabag Humas Setda Purbalingga Rusmo Purnomo menjelaskan untuk jajaran sekretaris dinas terdapat nama Irma Suastika Yuanti SH semula Sekretaris DPPKAD menjadi Sekretaris Dipertanhut. Jabatan yang ditingkalkan Irma ditempati Retna Ningrum SE semula Sekretaris Dinas Pendidikan. Sementara itu Iskhak S.Pd M.Pd semula Kabid Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan menggantikan Retna Ningrum sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan.

“Jajaran Camat juga mengalami pergeseran. Ada 7 camat yang tugasnya dirotasi. Dan 3 sekcam promosi menjadi camat,” katanya.

Ketiga Sekcam yang dipromosikan menjadi Camat, lanjut Rusmo meliputi Slamet Prihono S.Sos semula Sekcam Bojongsari menjadi Camat Karangmoncol, kemudian Suwarto SE semula Sekcam Kalimanah menjadi Camat Rembang dan Sidik Pramono BA semula Sekcam Bukateja menjadi Camat Karangjambu.

Pejabat baru lainnya yakni Drs Asyari MPd Kabid Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan, Sardjono SPd Kabid Pendidikan Dasar Pada Dinas Pendidikan dan Gatot Budi Rahardjo S.Sos Kabid Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Dinperindagkop Purbalingga.

Sejumlah Sekcam juga mengalami pergeseran. Diantaranya Wahyu Prasetyono Sip semula Sekcam Pengadegan menjadi Sekcam Bukateja. Endi Astono S.Sos (Sekcam Mrebet) menjadi Sekcam Pengadegan. Asmuni SH (Sekcam Bobotsari) menjadi Sekcam Mrebet dan Momok Prabowo S.Sos (Sekcam Karangjambu) menjadi Sekcam Bobotsari.

Lainnya Sadono S.Sos menjadi Sekcam Karangjambu, Suparno BA Sekcam Bojongsari, Revon H S.Sos Sekcam Kutasari dan Bambang Triono SKM Sekcam Kalimanah.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42