Logo kotaperwira.com

PDAM Harus Bisa Kuasai Pasar Regional

Purbalingga – Wakil Bupati Purbalingga, Sukento Rido Marhaendriato mengharapkan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) bisa menguasai pasar regional dalam penjualan air minum dalam kemasan galon ke perusahaan-perusahaan dan masyarakat umum.

“Air mineral PDAM harus bisa bersaing dengan air minum kemasan merk lain di Purbalingga dan luar daerah. Air mineral ini diharapkan bisa menjadi juara ditingkat regional,” katanya disela-sela launching air minum kemasan produk PDAM, Senin (4/4) di Pendapa Cahyana.

Dikatakan, untuk bisa menguasai pasar regional tentuanya harus dibenahi internal perusahaan. Pembenahan itu dengan peningkatan mutu produk, pelayanan konsumen dan budaya perusahaan. “Perusahaan harus bisa sedetail mungkin menganalisa permasalahan-permasalahan internal,” terangnya.

Analisa tersebut sangat dibutuhkan menyusul, perusahaan daerah memiliki kelemahan meliputi, perusahaan dibidang perdagangan belum menerapkan pola pembeli adalah raja, pengawai rendah intregritasnya, standar pelayanan waktu kurang diperhatikan dan lemahnya budaya perusahaan.

“Budaya perusahaan sangat penting karena sebagai fundamental perusahaan, apalagi bertujuan pada profit. Jadi pembenahan-pembenahan internal perusahaan sangat penting guna meningkatkan pelayanan konsumen,” kata wabup.

Sementara itu, air minum dalam kemasan galon produk PDAM sudah diproduksi sejak 2004 dan mulai dipasarkan tahun 2005. Adapun kapasitas produksi per bulan mencapai 1250/hari dan 11.000/bulan. Pemasarannya meliputi, Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Cilacap dan Pemalang. Adapun sasaran konsumen adalah rumah tangga dan industri.

Direktur PDAM Purbalingga, Hardi Wibowo mengatakan, sumber air diambil dari sumber air wadas selir di wilayah Kecamatan Kutasari. Produk air minuman kemasan galon yang diproduksi PDAM ada tiga jenis. Harganya berkisar Rp 4000/galon-Rp 6500/galon.

“Proses produksinya melalui delapan tahapan, antara lain karbon aktif dan ozonisasi ganda. Produk ini sehat dan baik dikonsumsi karena diambil dari sumber air yang bersih,” katanya.

Dia menambahkan, terkait dengan perluasan pemasaran seperti harapan wabup, PDAM akan berbenah dalam pelayanan kepada masyarakat. “Kami akan meningkatkan pelayanan agar bisa bersaing bersaing ditingkat regional,” katanya.

Sumber : Suara Merdeka

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42