Logo kotaperwira.com

PD BPR BKK Purbalingga Jadi Percontohan PD BKK Provinsi Jawa Tengah

Terkait Peningkatan Status kelembagaan dari BKK Menjadi BPR

PURBALINGGA – PD BPR BKK Purbalingga akan menjadi bank perkreditan rakyat (BPR) percontohan bagi PD BKK di Provinsi Jawa Tengah.

Kabag Perekonomian Setda Purbalingga, Mukodam mengatakan, percontohan tersebut terkait peningkatan status kelembagaan dari BKK menjadi BPR. Dipilihnya PD BPR BKK Purbalingga karena lembaga ini merupakan satu-satunya yang sudah berstatus BPR di Jawa Tengah.

“Kita (PD BPR BKK Purbalingga) akan menjadi percontohan,” tegas Mukodam di sela-sela Rakor Proses Perubahan Status PD BKK di Jateng dan Workshop Simulasi Pengalihan Aset pada Perubahan Status PD BKK Mejadi PD BPR BKK di Owabong Cottage, baru-baru ini.

Seperti diketahui, tahun ini diupayakan PD BKK Kabupaten/Kota di Jawa Tengah sudah meningkat status kelembagaannya menjadi BPR. Hal ini dilakukan untuk mengimbangi pergerakan bank umum yang menyasar pada kredit mikro yang selama ini menjadi lahan BKK.

“Saat ini aset kami (PD BPR BKK) sudah mencapai Rp 240,9 miliar. Jumlah tersebut dinilai sangat sehat untuk kami,” tambah Mukodam.

Terkait hal itu, Direktur Utama PD BPR BKK Purbalingga, Supardi mengatakan pihaknya akan meningkatkan kapasitas lembaga yang dipimpinnya dari segi kinerja dan pelayanan. PD BPR BKK sendiri sudah beralih kelembagaannya menjadi BPR sejak 1991 dan merger dengan BPR Kabupaten Purbalingga sejak 2006.

Desember lalu PD BPR BKK sudah melakukan perluasan jaringan dengan membuka kantor kas baru di Kecamatan Kejobong. Tahun ini, lanjutnya, PD BPR BKK kembali berencana memperluas jaringan dengan akan dibukanya kantor kas baru di Kecamatan Karangmoncol.

“Sedang dalam proses kajian. Jika sesuai rencana, tahun ini sudah bisa beroperasi,” kata Supardi.

Selain itu, pihaknya akan lebih menyesuaikan dengan kondisi masyarakat. Sebab PD BPR BKK sendiri bergerak di bidang usaha masyarakat bawah. Menurutnya potensi mereka sangat besar dan banyak yang belum tersentuh. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya bank umum yang memiliki program kredit usaha mikro.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42