Logo kotaperwira.com

PC GP Ansor Purbalingga Adakan Pengkaderan dan Penguatan Aswaja

Purbalingga – Sebagai wujud pelaksanaan visi besar Ansor, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Purbalingga melaksanakan kegiatan Pengkaderan dan Penguatan Aswaja pada hari Ahad tanggal 16 Oktober 2011 bertempat di balai desa Candiwulan Kecamatan Kutasari. Kegiatan ini diikuti oleh 6 Pimpinan Anak Cabang (PAC) yang masing-masing mengirimkan 10 orang peserta.

Ketua PC GP Ansor Purbalingga Ulil Archam menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan program lanjutan setelah masing-masing PAC melaksanakan program Revitalisasi Nilai dan Tradisi dengan melaksanakan kegiatan amaliah kultur yang terlaksana dengan kegiatan majlis dzikir dan Sholawat Rijaalul Ansor sehingga ada sinkronisasi antara amaliah dan dasar-dasarnya.

Hal ini karena dewasa ini ada upaya penggugatan dan pembid’ahan amaliah NU bahkan pendiskreditkan akidah NU yang semakin besar dan kuat sekali oleh orang-orang yang mengaku sebagai aliran yang paling benar. Makanya sebagai Jam’iyah kita perlu menata diri dan mengawal kader-kader NU agar tidak terprovokasi dengan gerakan purifikasi bahkan sampai mengikuti gerakan itu. Kita harus mempersiapkan kader kader NU yang kuat dan potensional untuk mengawal akidah Ahlussunah waljamaah.

Acara pengkaderan GP Ansor direncanakan dilaksanakan di 4 tempat secara bergilir tiap bulan. Hal ini dikandung maksud agar lebih efektif dan menyasar dalam pentransformasian materi dan juga tujuan yang diharapkan tercapai.

Dalam kesempatan tersebut, PC Ansor menghadirkan narasumber KH Chariri Shofa, pengajar STAIN Purwokerto dan juga pengasuh pondok pesantren Darussalam Purwokerto. Materi yang disampaikan diawali dari sejarah perkembangan dan peradaban Islam yang dimulai dari perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam penyebaran Islam sampai wafatnya.

Pasca meninggalnya Nabi, penyebaran Islam dilaksanakan oleh sahabat-sahabat dimulai dari Abu Bakar Assidiq, Umar bin Khotob, Ustman bin Affan dan Ali bin Abi Tholib.

Dimasa Ali bin Abi Tholib inilah mulai timbul aliran-aliran Islam baru, setelah terjadinya perang Siffin antara kelompok Ali bin Abi Tholib dan Muawiyyah bin Abi Sufyan yang dilatar belakangi oleh perebutan kekuasaan. Aliran-aliran yang muncul diantaranya adalah Khowarij, Syiah, Jabbariyah, kodariyah termasuk Aliran Ahlussunah Waljamaah. Aliran Aswaja ini yang sampai sekarang kita ikuti.

Penyampaian materi ini dimaksudkan agar kader NU paham betul tentang sejarah dan dasar-dasar pelaksanaan atau sumber hukum Islam yang kita pakai diantaranya AlQur’an, Hadits, Ijma dan qiyas.

Sebagai narasumber Chariri Shofa merasa bangga terhadap pelaksanaan acara tersebut, dengan harapan bahwa pengkaderan dan penguatan aswaja sebagai langkah awal jangan berhenti sampai disini, tetapi ada langkah-langkah lanjutan kedepan, sehingga GP Ansor sebagai generasi penerusnya NU akan lebih memahami tentang akidah Ahlussunah waljamaah dan NU akan jaya sampai yaumil akhir dan tidak sampai tergerus oleh kelompok-kelompok yang mengatas namakan Islam yang benar.

Acara pengkaderan yang diketuai oleh Kusno sebagai Ketua PAC GP Ansor Kutasari dihadiri oleh Ketua Tanfidziyah PCNU Kab Purbalingga H Khotib dan Pimpinan Cabang Fatayat NU Purbalingga. Dalam sambutannya, Ketua PCNU merasa bangga dan mendukung acara tersebut dan berharap kedepan akan lebih baik lagi.

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42