Logo kotaperwira.com

Pasokan Beras Purbalingga Aman Hingga Lebaran

PURBALINGGA – Memasuki Bulan Puasa hingga Lebaran mendatang, Asosiasi Perberasan Banyumas (APB) menjamin stok beras untuk Kabupaten Purbalingga masih aman.

Ketua APB, Mustangin mengatakan, saat ini stok beras kualitas medium masih banyak. Stok tersebut merupakan sisa dari masa tanam pertama. Namun untuk beras kualitas tinggi, stok memang dinilai masih sedikit.

“Untuk beras kualitas tinggi tergantung pada masa tanam kedua yang akan panen pada Agustus mendatang. Jika hasil panen bagus, beras konsumsi pasti juga bagus,” katanya.

Dikatakan, pada Bulan Puasa dan Lebaran mendatang, masyarakat akan cenderung lebih memilih beras dengan kualitas tinggi.

Untuk beras kualitas tinggi, saat ini harga sudah berada di angka Rp 7 ribu per kilogram. Sedangkan kualitas medium Rp 6.600 per kilogram. Dia memprediksikan, harga beras akan naik pada minggu pertama Puasa dengan kenaikan rata-rata Rp 200 per kilogram.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Dintanbunhut) Purbalingga, Lili Purwati. Menurutnya, masyarakat tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkan beras pada saat Puasa dan Lebaran mendatang. “Saya rasa stok cukup. Sebab pas Lebaran, pas panen untuk masa tanam kedua,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, luas sawah yang ditanami oleh petani pada masa tanam kedua Mei lalu mencapai 10 ribu hektare. Adapun tiap satu hektare, menghasilkan gabah rata-rata 58 kuintal.

Tags: ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42