Logo kotaperwira.com

Pajak Bumi Bangunan (PBB) Kecamatan Kaligondang Lunas 100 Persen

Purbalingga – Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kecamatan Kaligondang dengan baku senilai Rp. 860,5 juta berhasil lunas 100 persen pada September ini. Keberhasilan Kecamatan Kaligondang melunasi seluruh baku PBB-nya, menyusul pelunasan PBB Desa Selakambang pada Senin (12/9). Desa Selakambang dengan baku PBB Rp. 80,5 juta, menjadi desa terakhir yang melunasi PBB dari 18 desa yang ada di wilayah Kecamatan Kaligondang.

“Tahun lalu, kecamatan Kaligondang memperoleh penghargaan rangking I pelunasan PBB dengan baku PBB di atas Rp. 750 juta, ” ungkap Camat Kaligondang Endro Irianto S.Sos disela-sela silaturahmi Bupati dan Wabup dengan jajaran pemerintahan dan tokoh masyarakat kecamatan Kaligondang, Selasa (13/9).

Sebelumnya, pada hari yang sama rombongan Bupati dan Wabup menghadiri silaturahmi di Kecamatan Kaligondang. Rabu ini (14/9) kegiatan silaturahmi di selenggarakan di Kecamatan Kertanegara dan Karanganyar.

Tahun lalu, tambah Endro, kecamatan yang dipimpinya berhasil melunasi PBB pada bulan Agustus. Keterlambatan pelunasan PBB dibandingkan tahun lalu akibat kondisi penghasilan warga yang menurun. Dia menjelaskan, kebanyakan warga Kaligondang, merupakan petani buah-buahan terutama buah duku. Dimana tahun ini para petani mengalami keterlambatan panen, sehingga berpengaruh terhadap pelunasan PBB ditingkat desa.

Dari data yang ada, Brecek menjadi desa dengan pelunasan PBB tercepat. Dengan baku PBB Rp. 27,3 juta, berhasil dilunasi pada 28 Maret 2011. Menyusul berikutnya adalah Desa Arenan dengan baku Rp. 49,6 juta (29/4) dan Desa Sempor Lor dengan baku Rp. 29,9 (10/5). Sedangkan pelunasan terakhir oleh Desa Selakambang pada 2 September.

Sementara itu di tingkat kabupaten hingga minggu I bulan September terdapat empat kecamatan yang telah melunasi PBB. Ke-empat kecamatan itu terdiri dari Kecamatan Rembang, Karangmoncol, Bukateja dan Karangjambu.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset daerah (DPPKAD) Kabupaten Purbalingga C. Sumarni Ds SE menuturkan, Kecamatan Rembang menjadi kecamatan tercepat pelunasan PBB. Kecamatan Rembang dengan pokok penetapan Rp. 700,2 juta berhasil lunas pada 12 Agustus. Lainnya, Yakni Kecamatan Karangmoncol (18/8), Kecamatan Bukateja (24/8) dan Kecamatan Karangjambu (5/9).

“Secara keseluruhan, hingga minggu pertama September sudah ada 105 desa/kelurahan yang lunas PBB. Dari pokok ketetapan kabupaten Rp. 14,395 milyar, telah realisasi Rp. 10,954 milyar atau 76,10 persen,” terangnya.

Sumarni mengingatkan kepada desa/kelurahan yang belum memenuhi pokok ketetapan PBB agar segera melunasi. Karena, tambah Sumarni, jatuh tempo pelunasan PBB tahun 2011 akan berakhir tanggal 30 September 2011.

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42