Logo kotaperwira.com

Pabrik Rambut di Purbalingga Siap Bekerja Sama Hidupkan BLK

PURBALINGGA – Perusahaan rambut melalui Forum Komunikasi Pengusaha Rambut (FKPR) Purbalingga menyatakan siap mendukung rencana pemerintah menghidupkan kembali Balai Latihan Kerja (BLK) di Purbalingga Kulon. Mereka menilai upaya itu sangat bagus dalam menyiapkan tenaga kerja yang terampil dan siap kerja.

Hal itu diungkapkan pengurus FKPR Purbalingga, Mukmien Haryanto menyikapi mandeknya bangunan BLK Purbalingga. Menurutnya, pabrik siap bekerjasama dengan catatan ada mekanisme yang jelas dalam pelaksanaannya. “Teknis pelaksanaan dan jenis kerjasamanya harus jelas dan segera dipikirkan matang,” katanya, Senin (9/1).

Mukmien yang juga Direktur PT Indokores Sahabat itu mengaku, sejumlah perusahaan saat ini mengalami kesulitan mencari tenaga kerja yang siap pakai. Apalagi yang terampil dan bisa bekerja sesuai harapan. “Meskipun semua ada tahapan dan bisa dilatih, namun alangkah baiknya jika sebelumnya bisa ada pelatihan di BLK itu,” tambahnya.

Seperti diketahui, gedung Balai Latihan Kerja (BLK) di Purbalingga Kulon vakum kegiatan dan masih dibiarkan kosong lebih dari satu tahun ini. Padahal, peralatan pelatihan rambut sudah ada dan siap pakai.

Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi berniat di tahun 2012 ini menjalin kerjasama dengan pihak ketiga untuk melatih calon pekerja rambut. Sebelum masuk pabrik, calon pekerja itu akan digembleng di BLK. Jika sudah mahir atau mampu, mereka bisa dipekerjakan di sejumlah pabrik rambut yang membutuhkan.

“Sebenarnya tak hanya dapat digunakan untuk pelatihan pekerja dalam bidang rambut saja. Namun bisa pelatihan ketrampilan lainnya. Insyaallah jika sudah ada sumberdaya manusia atau pegawai yang memadai, BLK akan lebih hidup,” kata Kepala Dinsosnakertran Purbalingga, Ngudiarto SH.

Data yang dihimpun Radarmas, hingga tahun 2011, jumlah perusahaan rambut mencapai 31 perusahaan. Dengan jumlah pekerja mencapai lebih dari 29.768 orang. Potensi adanya BLK cukup membantu mengatasi kualitas calon pekerja.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42