Logo kotaperwira.com

Oka Antara Belajar Ngapak dari Film Purbalingga untuk Film Sang Penari

YogyakartaOka Antara (30) selalu berusaha menunjukkan totalitas dalam tiap film yang dimainkannya. Untuk mendapat penghayatan peran yang utuh dalam film “Sang Penari“, dia setidaknya harus menonton 20 DVD setiap hari. Selain itu, Oka terjun langsung selama lebih dari sepekan sampai memahami benar kultur dan bahasa masyarakat Banyumas, terutama Dukuh Paruk.

Dalam screening terbatas film itu di Empire XXI Yogyakarta, baru-baru ini, Oka yang menjadi pemeran utama (Rasus) bersama Prisia Nasution (Srintil) bercerita, setiap hari ia menonton film yang mengangkat cerita lokal Banyumas.

“Saya menonton film kreasi anak-anak SMA yang turut dalam Festival Film Purbalingga 2011. Dari situ sedikit demi sedikit saya memahami kultur masyarakat, termasuk bahasa ngapaknya yang bagi saya sulit diucapkan,” ujarnya sambil tersenyum.

Namun, sebagai aktor profesional, suami artis dan presenter berita televisi Rara Wiritanaya ini dituntut mendalami betul tokoh Rasus yang asli Banyumas. Otomatis, bahasa ngapak yang medok pun harus dikuasainya benar. Selama sepekan ia hidup bersama warga Banyumas sebelum proses syuting dimulai.

“Saya sangat berterima kasih kepada warga yang sudah mengajari saya banyak hal, terutama budaya dan bahasa. Sampai akhirnya film Sang Penari yang mengangkat kisah lokal Banyumas dapat tersaji di hadapan masyarakat Indonesia,” katanya.

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42