Logo kotaperwira.com

November, Raskin Akan Disalurkan Dua Kali

PURBALINGGA – Beras untuk keluarga miskin (raskin) di Kabupaten Purbalingga pada November tahun ini akan didistribusikan dua kali, yakni pada awal dan pertengahan bulan.

Menurut Kasubid Ketersediaan dan Distribusi Pangan pada Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BPPKP) Purbalingga, Budi Baskoro, penyaluran raskin untuk menghadapi wacana penyaluran jatah raskin ke-14.

“Rencana raskin ke-14 akan disalurkan pada Desember tahun ini,” katanya, Jumat (9/11).

Budi mengatakan, penyaluran raskin dilakukan setiap bulan. Penyaluran raskin ke 13 telah disalurkan pada Agustus, untuk mengantisipasi gejolak harga saat jelang Lebaran.

Adapun penerima raskin di Kabupaten Purbalingga mencapai 96.497 rumah tangga sasaran (RTS). Jumlah itu bertambah dibanding penerima tahun lalu. Pada tahun lalu, jumlah penerima raskin sebanyak 68.312 RTS.

Dikatakan Budi, penambahan jumlah penerima bukan mengindikasikan warga miskin di Purbalingga meningkat. Namun, kriteria program perlindungan sosial ini diperluas.

“Sebelumnya, warga penerima raskin kriterianya warga miskin dan sangat miskin, sedangkan sekarang diperuntukan warga hampir miskin, miskin dan sangat miskin,” terangnya.

Lebih lanjut Budi mengatakan, beras yang disalurkan kepada masyarakat yang masuk kriteria tersebut bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pangan sehari-hari.

Sementara itu, penyaluran raskin diyakini dapat menekan harga pasar. Harga beras di pasaran cenderung stabil, meski saat ini sudah masuk masa tanam padi.

“Raskin sangat membantu untuk mengendalikan gejolak harga pasar,” ujar pengurus Asosiasi Perberasan Banyumas (APB) wilayah Purbalingga, Mustangin.

Dia mengatakan, sekarang ini harga beras di penggilingan berkisar Rp 7.000/kg, sedangkan beras kualitas medium di tingkat eceran berkisar Rp 7.500/kg. “Sekarang harga terbilan stabil, belum ada kenaikan,” katanya.

Tags: ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42